ANALISIS TEBAL LAPIS PERKERASAN LENTUR BERDASARKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 PADA RUAS JALAN PASAR ARBA - SEI DURIAN KABUPATEN TABALONG

Ramadhan, Muhammad Naufal (2023) ANALISIS TEBAL LAPIS PERKERASAN LENTUR BERDASARKAN MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 PADA RUAS JALAN PASAR ARBA - SEI DURIAN KABUPATEN TABALONG. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK Muhammad Naufal Ramadhan.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi Muhammad Naufal Ramadhan.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi Muhammad Naufal Ramadhan.pdf

Download (232kB)

Abstract

Jalan merupakan sarana transportasi utama untuk mencapai suatu tujuan dari satu tempat ke tempat lain bagi setiap lalu lintas yang melewatinya. Infrastruktur jalan dapat ditingkatkan dengan mempertimbangkan jenis jalan yang tersedia, bagaimana jalan tersebut digunakan saat ini, dan bagaimana jalan tersebut harus ditingkatkan untuk memenuhi standar. Jalan Pasar Arba – Sei Durian termasuk jalan kota yang berada di Kabupaten Tabalong. Pada ruas jalan ini (STA 0+000 – STA 1+200) sudah dilakukan peningkatan jalan beraspal dengan lebar badan jalan 5 m. Namun dari pengamatan sementara mengenai kondisi jalan di ruas jalan ini terdapat kerusakan dibeberapa bagian badan jalan yang diperkirakan karena volume lalu lintas. Dalam Skripsi ini, akan dilakukan perhitungan tebal perkerasan pada ruas Jalan Pasar Arba – Sei Durian (STA 0+000 – STA 1+200) dengan Metode MDP (Manual Desain Perkerasan) 2017, Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. Berdasarkan Metode MDP 2017, perhitungan perencanaan tebal perkerasan dengan jumlah CESA5 kurang dari 10 juta disarankan menggunakan Bagan Desain 3B (Desain Perkerasan Lentur - Aspal dengan Lapis Pondasi Berbutir) dengan susunan : AC WC = 40 mm AC BC= 60 mm AC Base =105 mm LPA kelas A = 300 mm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jalan, Klasifikasi, Lapisan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Muhammad Naufal Ramadhan
Date Deposited: 13 Feb 2023 05:09
Last Modified: 13 Feb 2023 05:09
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15284

Actions (login required)

View Item View Item