PENGARUH PENAMBAHAN KAPUR DAN SERBUK ARANG TEMPURUNG KELAPA TERHADAP NILAI DAYA DUKUNG TANAH PADA TANAH LEMPUNG DI KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

wahyudi, Ilman (2023) PENGARUH PENAMBAHAN KAPUR DAN SERBUK ARANG TEMPURUNG KELAPA TERHADAP NILAI DAYA DUKUNG TANAH PADA TANAH LEMPUNG DI KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrack ilman wahyudi.pdf

Download (155kB)
[img] Text
lembar pengesahan ilman wahyudi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
lembar keaslian ilman wahyudi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tanah merupakan himpunan mineral, bahan organik, yang terletak di atas batuan dasar. Lapisan tanah dimana sebuah bangunan akan didirikan harus memiliki daya dukung yang kuat akan tetapi, pada kondisi dilapangan tidak semua jenis tanah memiliki karakteristik yang baik sebagai tanah dasar. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah menganalisa seberapa besar perubahan nilai CBR tanah lempung dengan menambahkan campuran kapur dan serbuk arang tempurung kelapa terhadap stabilitas daya dukung tanah. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengujian yang lakukan berupa uji sifat fisik tanah dan mekanik tanah. Sampel tanah yang digunakan adalah tanah lempung, yang diambil dari Desa Pakuan Timur Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Komposisi campuran serbuk arang tempurung kelapa adalah 5%, 10% dan 15%, sedangkan komposisi kapur adalah 5%. Pada penelitian ini dilakukan uji CBR rendaman dengan masa perendaman 4 hari dan uji CBR tanpa rendaman dilakukan dengan masa pemeraman 0 hari, 4 hari, 7 hari, 14 hari dan 28 hari. Berdasarkan penelitian yang kami lakukan di laboratorium diperoleh bahwa penambahan kapur dan serbuk arang tempurung kelapa dapat meningkatkan nilai CBR Laboratorium, puncak kenaikan nilai CBR rendaman didapat pada variasi campuran 10% SATK dan 5% Kapur, diperoleh nilai pada titik 1 sebesar 7,1 % dan titik 2 sebesar 7,6%. Dan CBR tanpa rendaman pada titik 1 sebesar 14,6% dan titik 2 sebesar 15,4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanah Lempung, Kapur, Serbuk Arang Tempurung Kelapa, CBR Laboratorium, Kecamatan Telaga Langsat.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Ilman Wahyudi
Date Deposited: 13 Feb 2023 05:03
Last Modified: 13 Feb 2023 05:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15287

Actions (login required)

View Item View Item