STABILISASI TANAH MENGGUNAKAN CAMPURAN ABU SEKAM PADI DAN SEMEN DITINJAU TERHADAP NILAI CBR LABORATORIUM DI KECAMATAN BATANG ALAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

Rahman, Muhammad Arif (2023) STABILISASI TANAH MENGGUNAKAN CAMPURAN ABU SEKAM PADI DAN SEMEN DITINJAU TERHADAP NILAI CBR LABORATORIUM DI KECAMATAN BATANG ALAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (633kB)
[img] Text
Lembar Pertnyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (514kB)

Abstract

Tanah merupakan faktor penting dalam konstruksi bangunan gedung, jembatan dan jalan untuk mendukung struktur di atas. Fungsi dari struktur bawah adalah untuk menopang beban pada perkerasan. Tidak semua tanah memiliki daya dukung beban yang sangat baik, dan ada banyak tanah yang buruk di beberapa tempat. Contoh jenis tanah perlu diperhatikan adalah lempung. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh campuran abu sekam padi dan semen terhadap stabilisasi daya dukung tanah dengan uji CBR Laboratorium tanpa rendaman (unsoaked). Pada penelitian ini proporsi campuran abu sekam padi 5% dan semen 5% dan juga abu sekam padi 10% dan semen 10% yang ditambahkan pada tanah asli. Dilakukan pemeraman sebelum melakukan uji CBR laboratorium dengan masa pemeraman 0, 4, 7, 14, dan 28 hari. Berdasarkan penelitian hasil pengujian pengaruh penambahan campuran abu sekam padi dan semen terhadap nilai CBR mengalami kenaikan dari tanah asli sampai campuran 10%. Contoh pada CBR tanpa rendaman pemeraman 0 hari nilai CBR dititik 1 sebesar 6,40% dan dititik 2 sebesar 6,35%, pada campuran 5% dititik 1 sebesar 8,60% dan dititik 2 sebesar 8,40%, dan pada campuran 10% dititik 1 sebesar 10,40% dan dititik 2 sebesar 10,30%. Semakin ditambahkan campuran abu sekam padi dan semen dan semakin lama hari pemeraman maka akan semakin naik nilainya, dengan demikian ditambahkan abu sekam padi dan semen berpengaruh terhadap daya dukung tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Abu Sekam Padi, Semen, CBR Laboratorium, Stabilisasi Tanah, Tanah Lempung, Kalimantan Selatan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Muhammad Arif Rahman
Date Deposited: 13 Feb 2023 05:30
Last Modified: 13 Feb 2023 05:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15289

Actions (login required)

View Item View Item