PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TENTANG PELAKSANAAN AKAD LELANG BARANG JAMINAN GADAI YANG BELUM DILUNASI DI PEGADAIAN SYARIAH UNIT KERTAK BARU

Ikhsan, Nor (2023) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TENTANG PELAKSANAAN AKAD LELANG BARANG JAMINAN GADAI YANG BELUM DILUNASI DI PEGADAIAN SYARIAH UNIT KERTAK BARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (210kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (193kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (157kB)

Abstract

Jual beli lelang biasanya disebut ba’i al-muzayadah (adanya penambahan). Jual beli muzayadah secara etimologis berarti bersaing (tanaffus), yaitu jual beli yang dilakukan di hadapan umum atau di muka umum dengan cara si pembeli bersaing untuk saling menambah harga dari yang ditawarkan oleh penjual sampai tidak ada yang sanggup untuk menambah harga lagi, sehingga barang dagangan tersebut diberikan kepada si pembeli yang telah menawar dengan harga yang paling tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu bagaimana pelaksanaan lelang barang jaminan gadai di pegadaian syariah unit kertak baru kota banjarmasin dan bagaimana perspektif hukum islam tentang pelaksanaan lelang barang jaminan gadai di pegadaian syariah unit kertak baru kota banjarmasin. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan lelang barang jaminan gadai di pegadaian syariah unit kertak baru kota banjarmasin dan untuk mengetahui perspektif hukum islam tentang pelaksanaan lelang barang jaminan gadai di pegadaian syariah unit kertak baru kota banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Sifat penelitian ini deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokomentasi. Sumber data primer diperoleh langsung dari Pegadaian Syariah Unit Kertak Baru dan data sekunder dari penelitian kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa pelaksanaan prosedur akad rahn dan lelang barang jaminan di Pegadaian Syariah Unit Kertak Baru telah sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam mekanisme operasional Pegadaian Syariah. Dari Perspektif Hukum Islam, pelaksanaan akad rahn dan lelang barang jaminan di Pegadaian Syariah Unit Kertak Baru belum sepenuhnya memenuhi rukun dan syarat yang berlaku sesuai dengan prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perspektif Hukum Islam, Pelaksanaan Akad, Lelang Barang Jaminan yang Belum Dilunasi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Nor Ikhsan
Date Deposited: 24 May 2023 02:49
Last Modified: 24 May 2023 02:49
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15292

Actions (login required)

View Item View Item