ANALISIS PELAKSANAAN PERLINDUNGAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR SEBAGAI PENGEMIS BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 17 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK DI KOTA BANJARMASIN

Marbun, Maulana Subhan (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PERLINDUNGAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR SEBAGAI PENGEMIS BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 17 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK DI KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Pernyataan orisinalitas.pdf

Download (306kB)
[img] Text
File pdf Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengertian anak pada bebagai peraturan perundang-undangan terdapat pluralisme. Hal demikian sebagai akibat dari setiap peraturan perundang-undangan mengatur secara tersendiri dalam mendefinisikan tentang anak. Dari berbagai pengertian/definisi tersebut menunjukan adanya adanya disharmonisasi perundang-undangan yang ada, sehingga dalam praktek di lapangan akan banyak kendala yang terjadi akibat dari perbedaan tersebut. Untuk itu, Undang-Undang tentang Perlindungan Anak memang seyogianya menjadi kebijakan yang berhubungan dalam pemenuhan hak anak. Penelitian ini merupakan penelitian empiris, yang bersifat kualitatif Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data-data yang di peroleh dalam penelitian ini di analisis dengan metode deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini di peroleh hasil bahwa Negara, pemerintah dan pemerintah daerah berkewajiban dan bertanggung jawab menghormati pemenuhan hak anak tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, etnik, budaya dan bahasa, status hukum, urutan kelahiran dan kondisi fisik dan/atau mental. Pemerintah berkewajiban dan bertanggungjawab dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang penyelenggaraan perlindungan anak. Penyelenggaraan perlindungan anak sebagai pengemis di kota Banjarmasin di laksanakan oleh Satpol PP Kota Banjarmasin bersama Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kota Banjarmasin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Anak, Perlindungan Anak, Pengemis Anak
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Maulana Subhan Marbun
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:38
Last Modified: 21 Feb 2023 03:38
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15391

Actions (login required)

View Item View Item