HUBUNGAN PELAYANAN TENAGA KEPENDIDIKAN DENGAN KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Wahyuni, Mahrisya Rindu (2023) HUBUNGAN PELAYANAN TENAGA KEPENDIDIKAN DENGAN KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
lembar pengesahan Repository.pdf

Download (118kB)
[img] Text
lembar keaslian.pdf

Download (138kB)
[img] Text
draft artikel_rindu fix_removed.pdf

Download (301kB)

Abstract

Kualitas yang dikehendaki oleh mahasiswa menjadi penentu kepuasan mahasiswa, sehingga setiap perguruan tinggi harus menjadikan kualitas sebagai prioritas utama. Hasil studi pendahuluan melalui wawancara terhadap 30 orang mahasiswa, ditemukan beberapa permasalahan mengenai kualitas pelayanan tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pelayanan tenaga kependidikan dengan kepuasan mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Observasional Analitik dengan desain cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 81 orang mahasiswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 96,3% responden menyatakan puas terhadap pelayanan tendik di Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak ada hubungan antara kehandalan p=0,209, daya tanggap p=1,000, jaminan p=1,000, dan bukti fisik p=0,143 dengan kepuasan mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Aspek empati memiliki hubungan dengan kepuasan mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (p=0,005). Disarankan kepada Program Studi Kesehatan Masyarakat senantiasa untuk menjaga dan mempertahankan kualitas pelayanan yang sudah diberikan kepada mahasiswa dan memperbaiki akses internet dan kebersihan ruangan kelas sesuai dengan hasil penelitian yang masih kurang puas dari mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan mahasiswa, Pelayanan, Tenaga kependidikan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Mahrisya Rindu Wahyuni
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:40
Last Modified: 21 Feb 2023 02:40
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15414

Actions (login required)

View Item View Item