ANALISIS KUALITAS PELAYANAN UNIT PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KUNING (AK-1) DI DINAS KETENAGAKERJAAN DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN KOTABARU

Zulfa, Nur Meliza (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN UNIT PELAYANAN PEMBUATAN KARTU KUNING (AK-1) DI DINAS KETENAGAKERJAAN DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN KOTABARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
File PDF Abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Surat Pernyataan.pdf

Download (269kB)

Abstract

Semakin banyaknya orang yang mencari pekerjaan dalam era ini maka semakin banyak yang membutuhkan pelayanan dari para aparatur Dinas Tenaga Kerja yang bertindak sebagai pelayan publik. Kualitas pelayanan sangat dibutuhkan pada proses pelayanan publik di tiap-tiap daerah di Indonesia khususnya pada kota-kota besar yang terdapat Dinas Tenaga Kerja. Kualitas pelayanan publik dimaksudkan untuk melihat tingkat baik buruknya taraf atau derajat suatu pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan publik yang berkualitas atau pelayanan yang prima merupakan pelayanan terbaik yang memenuhi standar kualitas pelayanan. Baik masyarakat negara maju atau pun negara berkembang setiap waktu akan selalu menuntut pelayanan publik yang berkualitas dari birokrat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pembuatan kartu kuning (AK-1) di Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi kabupaten kotabaru dan apa saja yang menjadi hambatan dalam pembuatan kartu kuning di Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Kotabaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model teori Delivering Quality Service (Kualitas Pelayanan Publik) dari Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (Parasuraman, 1990) yang memiliki lima model yaitu, Tangibel (Berwujud), Reability (Kehandalan), Responsiviness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), dan Empaty (Empati).Hasil dari penelitian ini menuunjukkan bahwa Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Kotabaru telah memiliki kualitas pelayanan yang baik terhadap pelanggan yang mau mengajukan permohonan pembuatan kartu kuning (AK-1).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan publik, Kartu Kuning (AK-1), Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kotabaru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Nur Meliza Zulfa
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:02
Last Modified: 22 Feb 2023 04:02
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15460

Actions (login required)

View Item View Item