SANKSI PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS AKIBAT KELALAIAN PENGEMUDI YANG MENYEBABKAN LUKA-LUKA DAN KEMATIAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN

Indriani, Yuli (2023) SANKSI PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS AKIBAT KELALAIAN PENGEMUDI YANG MENYEBABKAN LUKA-LUKA DAN KEMATIAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Yuli_CovAbsDafpus.pdf

Download (348kB)
[img] Text
PernyataanOrisinalitasYULIINDRIANI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Pengesahan_YuliIndriani.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaturan Hukum Tentang Pengendara Lalu Lintas Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan dan untuk mengetahui bentuk sanksi pidana terhadap pengemudi akibat kelalaiannya menyebabkan luka-luka dan kematian orang Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini dilakukan dengan jenis penelitian hukum normatif berupa penelitian kepustakaan yang menggunakan 3 bahan hukum yaitu bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Penelitian hukum ini menitikberatkan pada studi kepustakaan yang berarti akan lebih banyak menelaah dan mengkaji aturan-aturan hukum yang ada dan berlaku. Hasil penelitian menunjukan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, menjelaskan bahwa selain jalan, subsistem lain yang mendukung optimalnya peranan jalan sebagai bagian dari sistem transportasi adalah Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta mendukung pembangunan dan integrasi nasional sebagai bagian dari upaya memajukan kesejahteraan umum. Pengaturan hukum mengenai Lalu Lintas dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang menjadi salah satu upaya pemerintah guna memberikan pemecahan permasalahan yang terjadi dalam ruang lingkup lalu lintas. Tujuan dibentuknya UndangUndang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah untuk menciptakan kondisi lalu lintas dan angkutan jalan yang selamat, aman, lancar, tertib dan teratur. Juga dimaksudkan sebagai control dalam perkembangan transportasi yang sangat cepat dan memiliki mobilitas tinggi di segala bidang seperti ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya masyarakat. Peningkatan keamanan bagi warga masyarakat, karena kehidupan yang aman merupakan salah satu faktor yang mendorong terciptanya kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah keamanan menggunakan jalan raya. Lalulintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) merupakan hal yang sangat dekat dengan masyarakat. Hampir setiap waktu masyarakat berlalu-lintas dengan berbagai macam kepentingan. Pengaturan hukum Lalu-lintas yang saat ini diberlakukan di Indonesia adalah Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan. Diberlakukannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan, diharapkan masyarakat dapat mematuhi aturan tersebut, untuk terciptanya keselamatan, keamanan, dan kelancaran lalu-lintas. Kecelakaan lalu lintas yang disebabkan karena kelalaian pengemudi yang mengakibatkan banyak korban jiwa. Sanksi pidana bagi pengendara kendaraan bermotor maupun pengemudi yang karena kelalaiannya mengakibatkan adanya korban jiwa, sudah tertulis atau tercantum dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 310 menentukan sanksi pidananya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sanksi Pidana, Kecelakaan, Kelalaian Pengemudi, UU No 22/2009
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Yuli Indriani
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:07
Last Modified: 22 Feb 2023 03:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15464

Actions (login required)

View Item View Item