Analisis Pengaruh Aktivitas di Pasar Tapandang Berseri Pelaihari dan Kapasitas Simpang Terhadap Kinerja Lalu Lintas di Jalan Raya

Yovi, Dhea Ananda (2023) Analisis Pengaruh Aktivitas di Pasar Tapandang Berseri Pelaihari dan Kapasitas Simpang Terhadap Kinerja Lalu Lintas di Jalan Raya. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
File Abstrak Dhea Ananda Yovi 18640063.pdf

Download (518kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (299kB)
[img] Text
lembar keaslian.pdf

Download (206kB)

Abstract

Pasar Tapandang Berseri selalu menyebabkan kemacetan pada setiap harinya dan bahkan mengalami peningkatan dihari Senin dimana masyarakat berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan permasalahan yang ada, penelitian ini untuk menganalisa kinerja lalu lintas akibat aktivitas Pasar Tapandang Berseri karena dapat menjadi salah satu kajian dalam menangani masalah lalu lintas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014) Data sekunder dapat berupa jumlah penduduk, dan lain sebagainya Menurut (PKJI 2014) dapat diketahui nilai tingkat jalan tersebut berada pada kelas F dan C dengan kondisi Arus dipaksakan, kecepatan rendah, volume di atas kapasitas, antrian panjang (macet). Jika nilai DJ melampaui 0,85, maka perlu dilakukan perubahan untuk meningkatkan pelayanan Simpang. Untuk penilaian kinerja lalu lintas desain Simpang, DJ pun digunakan sebagai ukuran. DJ pada akhir usia pelayanan Simpang agar tetap dipertahankan tidak melampaui nilai 0,85. Desain perlu diperbaiki untuk ditingkatkan kapasitasnya jika DJ ≥ 0,85. Nilai T dan PA tergantung dari nilai DJ. Nilai T dapat digunakan untuk analisis biaya manfaat akibat kehilangan nilai waktu. Nilai PA dapat digunakan untuk mengevaluasi desain geometric terkait panjang lajur khusus untuk lajur membelok agar antrian yang terbentuk tidak menghalangi arus lalu lintas pada lajur utama dan ketersediaan ruang untuk menampung kendaraan yang antri sehingga tidak menutupi pergerakan kendaraan-kendaraan pada simpang yang berdekatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pasar, lalu lintas, Kinerja Jalan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Dhea Ananda Yovi
Date Deposited: 22 Feb 2023 05:26
Last Modified: 22 Feb 2023 05:26
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15486

Actions (login required)

View Item View Item