Perlindungan hukum bagi debitur dengan jaminan fidusia berdasarkan undang-undang nomor 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia

Rahayu, Nanda Bunga (2023) Perlindungan hukum bagi debitur dengan jaminan fidusia berdasarkan undang-undang nomor 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
judul.abstrak dan daftar pustaka Nanda bunga rahayu.pdf

Download (252kB)
[img] Text
pernyataan orisinalitas Nanda bunga rahayu.pdf

Download (719kB)
[img] Text
pengesahan Nanda bunga rahayu.pdf

Download (460kB)

Abstract

Penelitian ini  bertujuan 1. Untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap debitur  tentang pelaksanaan perjanjian kredit dengan Jaminan Fidusia. 2. Untuk mengetahui akibat hukum perjanjian baku berdasarkan asas kebebasan berkontrak dalam perjanjian jaminan fidusia berdasarkan undang-undang nomor 42 tahun1999 tentang jaminan fidusia.  Rancangan penelitian ini adalah penelitian hukum normatif pendekatan kualitatif dan merupakan penelitian library research ini adalah teknik dokumenter, yaitu pengumpulan yang melalui tela’ah arsip ataupun studi pustaka yang ada pada bahan hukum sekunder. Meningkatnya perekonomian berbagai lembaga pembiayaan dewasa ini turut memacu roda perekonomian masyarakat. Namun pertumbuhan institusi perekonomiana tersebut tidak ditopang oleh pembangunan hukum yang memadai. Sehingga mencapai inti dari tujuan yang di cita-citakan yaitu kesejahteraan rakyat berjalan lanjar dan juga terjamin. Kehadiran berbagai lembaga pembiayaan turut membawa andil yang besar dalam pembangunan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat kecil. Lembaga pembiayaan ini muncul sebagai suatu bentuk penyediaan dana atau barang modal kepada masyarakat untuk pembelian barang yang pembayarannya dilakukan secara angsuran atau berkala oleh  konsumen. Pelaksanan perlindungan hukum bagi debitur dalam perjanjian fidusia ini masih dianggap lemah karena sebagai pihak debitur tidak terlalu banyak memiliki perlindungan hukum sebagaimana yang telah di muat di dalam surat perjanjian, bahwa dalam perjanjian jaminan fidusia ini masih masih ada juga kekurangan-kekurangannya serta permasalahan konsumen yang tidak ikut dilibatkan dalam membuat perjanjian tersebut sehingga masih menimbulkan permasalahan hukum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum dan Jaminan Fidusia
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Nanda Bunga Rahayu
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:39
Last Modified: 21 Mar 2023 02:39
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15586

Actions (login required)

View Item View Item