ANALISIS KUALITAS AIR KOLAM PASCA GALIAN TAMBANG BATUBARA DI DESA MEKARJAYA ANGSANA KABUPATEN TANAH BUMBU KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2022

Aditya, Muhammad Ikhsan (2023) ANALISIS KUALITAS AIR KOLAM PASCA GALIAN TAMBANG BATUBARA DI DESA MEKARJAYA ANGSANA KABUPATEN TANAH BUMBU KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
pengesahan skripsi.pdf

Download (200kB)
[img] Text
keaslian penelitian.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Jurnal Ikhsan_removed.pdf

Download (163kB)

Abstract

Dalam suatu lubang bekas galian tambang batubara (void) pasti terdapat zat-zat yang berbahaya yang terkandung. Apabila ada air di lubang tersebut, kemungkinan air tersebut juga ada kandungan zat-zat berbahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas air kolam bekas galian tambang yang dijadikan sumber air bagi warga desa Mekar Jaya, (2) Untuk mengetahui apakah penggunaan air void mempengaruhi masyarakat setempat. Metode penelitian berdasarkan observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data menggunakan studi lapangan dengan pengambilan sampel dan membagikan kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat yang menggunakan air kolam secara langsung. Dari hasil penelitian menunjukan (1) Bahwa kualitas air void batubara tersebut setelah melakukan uji laboratorium dengan menguji 16 parameter termasuk pemeriksaan fisika (Bau, Rasa, Warna, Kekeruhan, Suhu, TDS) Kimia (Besi (Fe), Kesadahan, Mangan, Nitrat, Nitrit, Ph, Sianida, Flouride, Deterjen, Sulfat) dan Biologi (Total coliform) Hasil menujukkan bahwa air kolam mengandung bakteri coliform ini cukup tinggi dalam hasil yang menunjukkan kualitas air kolam bekas galian tambang batubara di kelas 2 menurut PP Nomor 82 Tahun 2001. Sedangkan untuk warna dan flouride air void di desa mekar jaya menunjukkan kelas 2 menurut peraturan diatas, (2) Hasil penelitian kegiatan masyarakat yang ada di kolam tersebut dari aktivitas sehari-hari masyarakat masih berpotensi terdampak pencemaran air. Sehingga dapat disimpulkan bahwa masyarakat masih berpotensi terdampak akibat kandungan air kolam tersebut. desa mekar jaya disarankan membuat bak kontrol pada setiap saluran buang warga agar limbah rumah tangga tidak langsung mengarah ke kolam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Air, Void Batubara
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Muhammad Ikhsan Aditya
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:29
Last Modified: 06 Mar 2023 01:29
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15590

Actions (login required)

View Item View Item