PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN BASIRIH KECAMATAN BANJARMASIN BARAT KOTA BANJARMASIN

Maulidah, Maulidah (2023) PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN BASIRIH KECAMATAN BANJARMASIN BARAT KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al - Banjari.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (79kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (56kB)

Abstract

Era reformasi mengharapkan terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik. Kinerja Pemerintah daerah dalam implementasi kebijakan atau politik desentralisasi, yang dianggap sebagai bentuk pemerintahan yang yang baik (Good Governance) yang memprioritaskan pelayanan publik. Implementasi nilai-nilai good governance menjadi unsur penting dalam mendukung terwujudnya tujuan pemerintahan daerah di antaranya kinerja di kelurahan. Adapun tujuan penelitian yaitu mendapatkan informasi bagaimana pelaksanaan, penerapan, kendala dan harapan masyarakat akan pentingnya Good Governance di Kelurahan Basirih Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin. Sampel dan populasi penelitian ini adalah Lurah dan Pegawai Kantor Kelurahan Basirih. Pengumpulan data dengan melakukan kajian pustaka yang terkait, observasi langsung dan wawancara terhadap pelaksanaan Good Governance di Kantor Kelurahan Basirih Analisis data dengan analisis kualitatif secara deskritif disertai penjelasan hasil wawancara sebenarnya terhadap tujuan penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan Good Governance dalam di Kelurahan Basirih sudah diterapkan yaitu memberikan pelayanan publik terbaik kepada warga tanpa biaya dengan Kelurahan pelaksanaan kinerja antara lain : mantab kejujuran, kedisiplinan, organisasi, gotong royong, serta pelayanan. (2) Tidak menemukan kendala yang berarti dalam penerapan Good Governance di kantor kelurahan Manahan. (3) Penggunaan teknologi informasi dengan media sosial Whattsapp memberikan kemudahan dalam mengakses segala informasi pelayanan publik. (4) Harapan masyarakat Good Governance di Kelurahan Basirih ditingkatkan, terutama pemenuhan pelayanan publik khususnya bentuk pengurusan administrasi birokrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Good Governance, Kendala, Harapan, Kelurahan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Maulidah
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:23
Last Modified: 03 Mar 2023 02:23
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15603

Actions (login required)

View Item View Item