Analisis Implementasi Penerapan K3 Dalam Proses Pengambilan Limbah Cair Di PT Kodeco Agrojaya Mandiri Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022

CHAROLINE, TASYA (2023) Analisis Implementasi Penerapan K3 Dalam Proses Pengambilan Limbah Cair Di PT Kodeco Agrojaya Mandiri Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
FIle Abstrak.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Lembar keaslian.pdf

Download (221kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (50kB)

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan upaya perlindungan yang ditujukan agar tenaga kerja dan orang lain di tempat kerja atau perusahaan selalu dalam keadaan selamat dan sehat, serta agar setiap produksi digunakan secara aman dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Proses Pengambilan Limbah Cair di PT Kodeco Agrojaya Mandiri. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian yaitu karyawan pada bagian Pengelolaan Limbah sebanyak 3 (tiga) orang yang terdiri dari 1 orang Sekretaris Ehs, 1 orang staf lapangan, 1 orang staf admin. Hasil penelitian menunjukkan implementasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada Proses Pengambilan Limbah Cair di PT Kodeco Agrojaya Mandiri Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu diselenggarakan dengan cukup baik, baik dari tahapan komunikasi, sumber daya, struktur birokrasi dan disposisi, hanya saja berdasarkan aspek sumber daya, yaitu APD yang disediakan PT Kodeco Agrojaya Mandiri masih belum sesuai dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 187 Tahun 2016 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah dan Daur Ulang, Pembangan dan Pembersihan Limbah dan Sampah Golongan Pokok Pengelolaan Limbah Bidang Pengelolaan Limbah Industri. Hendaknya manajemen PT Kodeco Agrojaya Mandiri segera melengkapi APD menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Charoline Tasya
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:39
Last Modified: 10 Mar 2023 01:45
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15649

Actions (login required)

View Item View Item