ANALISIS EMPIRIS TENTANG UPAYA BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA DALAM PENANGANAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA

Fitri, Annisa (2023) ANALISIS EMPIRIS TENTANG UPAYA BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA DALAM PENANGANAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB.

[img] Text
Abstract.pdf

Download (116kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (171kB)

Abstract

Annisa Fitri. NPM. 18810075. 2022. Analisis Empiris Tentang Upaya Bnnk Hulu Sungai Utara Dalam Penanganan Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika. Skripsi. Fakultas Hukum Universitas Islam Kalimantan. Pembimbing I Dr. Hidayatullah, S.H.I., M.H., M.Pd, Pembimbing II Dr. Afif Khalid, S.H.I., S.H., M.H. Kata kunci : Upaya, Badan Narkotika Nasional, Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Badan Narkotika Nasional adalah sebuah lembaga pemerintahan Non- kementrian (LPNK) indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pencegahan, pemberatasan penyalagunaan dan peredaran gelap (Narkotika) dan bahan adiktif lainya kecuali bahan adiktif untuk tembakau dan alkohol. Dasar hukum BNN adalah Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Peran Badan Narkotika Nasional yaitu dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahguna dan peredaran gelap narkotika mengurangi tingkat prevelansi dan pemakai dalam meminimalisir kasus tindak pidana narkotika di Negara republik Indonesia. Kewenangan BNN bidang penyelidik dalam upaya pemberantasan narkotika tidak lepas dari dukungan aparat penegak hukum yang termaksud dalam sistem peradilan pidana yaitu pihak kepolisian, kejaksaan, lembaga kemasyarakatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya BNNK HSU dalam penanganan tindak pidana penyalahgunaan narkotika dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi BNNK HSU dalam penanganan tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan penelitian hukum empiris (sosiologis) yaitu penelitian hukum yang memperoleh datanya dari data primer atau data yang diperoleh langsung dari masyarakat, Metode pengumpulan data yang digunakan adalah terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan tehnik anailisi data yang digunakan yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa Upaya Badan Narkotika Nasional Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam rangka penanganan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika. Kendala yang di hadapi BNNK HSU dalam proses penanganan tindak pidana penyalahgunaan narkotika adalah kurangnya partisipasi masyarakat dalam penanggulangan penyalahgunaan narkotika dikabupaten Hulu Sungai Utara, karena masih ada sebagian dari masyarakat kabupaten Hulu Sungai Utara yang tidak peduli, malu ataupun takut untuk melaporkan keluarganya sebagai pengguna atau pecandu narkotika kepada BNNK Hulu Sungai Utara dan dari pecandu itu sendiri yang terkadang tidak mau di lajutkan pengobatanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Badan Narkotika Nasional, Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:16
Last Modified: 03 Mar 2023 03:16
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15652

Actions (login required)

View Item View Item