SISTEM INFORMASI LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN BERBASIS WEBSITE

Hidayat, Muhammad Irfan (2023) SISTEM INFORMASI LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN BERBASIS WEBSITE. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Muhammad Irfan Hidayat .pdf

Download (124kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (356kB)

Abstract

Dukcapil Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam mengelola layanan pengajuan data kependudukan menggunakan aplikasi online melalui via whatsapp yang tentunya penyajian informasi data mengenai kegiatan pelayanan administrasi kependudukan belum cukup baik. Dikarenakan banyaknya jenis layanan dan banyak nya penduduk yang melakukan pengajuan yang dikirim melalui pesan whatsapp Dukcapil yang bisa mengakibatkan pesan pengajuan tidak terbaca. Hal ini juga dapat terlihat dari pembuatan laporan yang dilakukan dalam memilah data jenis layanan pengajuan pada pesan yang dikirim melalui aplikasi whatsapp Dukcapil yang tidak hanya satu pesan, melainkan terbagi menjadi beberapa pesan pengajuan yang dilakukan oleh masyarakat dan tentunya dapat memakan waktu yang lama karena harus membuka satu persatu pesan yang masuk. Kemudian untuk penyampaian informasi layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil hanya sebatas membalas pesan pengajuan yang dikirim oleh masyarakat. Jika dokumen pengajuan sudah selesai, petugas Dukcapil mengantarkan dokumen tersebut ke rumah masyarakat yang melakukan pengajuan. Untuk itu dalam penelitian ini dibangun “Sistem Informasi Layanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Selatan Berbasis Website”. Pembangunan sistem informasi ini menggunakan dua metode penelitian. Metode pertama yaitu metode pengumpulan data dari studi pustaka dan wawancara. Metode yang kedua yaitu menggunakan metode waterfall untuk pembangunan sistem. Kemudian untuk pengujian sistem menggunakan metode pengujian blackbox. Mengingat masih adanya kekurangan dalam penelitian ini, yaitu pada saat masyarakat melakukan pengajuan, admin masih mencari data pengajuan untuk di konfirmasi pengajuannya sehingga admin tidak tahu data pengajuan mana yang lebih dahulu masuk. Maka dari itu disarankan untuk pengembangan selanjutnya menambahkan fitur notifikasi di halaman admin, sehingga pengajuan yang masuk tersusun rapi dan mengetahui data mana yang lebih terdahulu masuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Administrasi Kependudukan, Layanan, Sistem Informasi, Website.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Muhammad Irfan Hidayat
Date Deposited: 13 May 2023 01:05
Last Modified: 13 May 2023 01:05
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15709

Actions (login required)

View Item View Item