HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PELAYANAN PRIMA DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT KHUSUS IBU DAN ANAK ANNISA KOTA BANJARMASIN TAHUN 2022

Norsidah, Ayuningsih Umi (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PELAYANAN PRIMA DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT KHUSUS IBU DAN ANAK ANNISA KOTA BANJARMASIN TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pengesahan Ayu N.pdf

Download (375kB)
[img] Text
pernyataan Ayu N.pdf

Download (146kB)
[img] Text
ARTIKEL AYU_removed.pdf

Download (258kB)

Abstract

Kepuasan pasien yaitu salah satu indikator penting yang perlu diperhatiakan dalam pelayanan prima. Kepuasan pasien dapat diartikan sebagai satu tujuan dari peningkatan kualitas layanan kesehatan. Meningkatnya tingkat pendidikan, pengetahuan dan sosial ekonomi juga berpengaruh pada peningkatan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengethui hubungan tingkat pendidikan dan pelayanan prima terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Annisa Kota Banjarmasin. Metode penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi semua pasien rawat inap di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Annisa Kota Banjarmasin. Sampel sebanyak 90 responden dengan menggunakan accidental sampling. Uji statistik menggunakan uji Chi square test. Hasil penelitian didapat mayoritas puas 65 responden (72,2%), pendidikan menengah 48 responden (53,3%), pelayanan baik (prima) 54 responden (60%). Berdasarkan uji chi-square didapat nilai sig 0,001 (0,001 < 0,05) menunjukkan ada hubungan tingkat pendidikan dengan kepuasan pasien rawat inap dan nilai sig 0,008 (0,008<0,05) menunjukkan ada hubungan pelaynan prima dengan kepuasan pasien rawat inap. Melalui penelitian ini peneliti memberikan saran bagi pihak rumah sakit agar dapat melakukan survei kepuasan pelanggan secara berkala serta meningkatkan pelayanan yang dirasa kurang cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Pelayanan Prima, Kepuasan Pasien Rawat Inap
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Ayuningsih Umi Norsidah
Date Deposited: 08 Mar 2023 05:01
Last Modified: 08 Mar 2023 05:01
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15716

Actions (login required)

View Item View Item