HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERSEPSI PENDERITA TUBERKULOSIS DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BARABAI KECAMATAN BARABAI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH TAHUN 2022

Iriani, Yulina (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERSEPSI PENDERITA TUBERKULOSIS DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BARABAI KECAMATAN BARABAI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak yuli.pdf

Download (136kB)
[img] Text
pengesahan skripsi.pdf

Download (29kB)
[img] Text
keaslian penelitian.pdf

Download (56kB)

Abstract

Kabupaten Hulu Sungai Tengah saat ini memiliki jumlah penderita terkonfirmasi mengidap TBC di wilayah kerja Dinas Kesehatan berjumlah 1.728 orang sedangkan Penderita baru pada tahun 2022 sampai bulan september adalah berjumlah 476 orang. Penderita terbanyak ditemukan di wilayah kerja Puskesmas Barabai. Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan persepsi penderita TB dengan kepatuhan minum obat di wilayah kerja Puskesmas Barabai Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun 2022. Metode penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh penderita Tuberkulosis di Puskesmas Barabai Tahun 2022 sebanyak 105 orang. Sampel sebanyak 62 responden diambil purposive sampling dengan metode instrumen. Uji statistik menggunakan uji Chi-Square Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden tidak patuh minum obat (56,5%), sebagian besar memiliki tingkat pengetahuan yang cukup (41,9%), dan sebagian besar responden memiliki persepsi kurang (40,3%). Ada hubungan tingkat pengetahuan (p-value=0,004) dan persepsi (p-value=0,000) dengan kepatuhan minum obat pada pasien Tuberkulosis di Puskesmas Barabai Tahun 2022. Pasien sebaiknya meminum obat secara teratur dan melakukan pengobatan sampai selesai secara tuntas sehingga sembuh dari penyakit Tuberkulosis. Petugas kesehatan diharapkan melakukan kunjungan rumah pasien Tuberkulosis secara berkala 1 bulan sekali sebagai dukungan dan pengawasan terhadap pengobatan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, Tuberkulosis, Tingkat Pengetahuan, Persepsi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Yulina Iriani
Date Deposited: 11 Mar 2023 01:08
Last Modified: 11 Mar 2023 01:08
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15758

Actions (login required)

View Item View Item