PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PENJUALAN MINUMAN BERALKOHOL ILEGAL DINTAJAU DARI PERATURAN DAERAH KOTA BANJARBARU NOMOR 05 TAHUN 2006 TENTANG LARANGAN MINUMAN BERALKOHOL DI KOTA BANJARBARU

Setiawan, Ronni (2023) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PENJUALAN MINUMAN BERALKOHOL ILEGAL DINTAJAU DARI PERATURAN DAERAH KOTA BANJARBARU NOMOR 05 TAHUN 2006 TENTANG LARANGAN MINUMAN BERALKOHOL DI KOTA BANJARBARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (99kB)
[img] Text
PENGESAHAN RONNI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
PERNYATAAN RONNI.pdf

Download (190kB)

Abstract

Berangkat dari banyaknya kasus penjualan minuman beralkohol illegal di Kota Banjarbaru. Dari data Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Banjarbaru, sudah ada total 13 kasus penjualan minuman beralkohol illegal di Kota Banjarbaru dalam kurun waktu satu semester awal tahun 2022. Hal ini pun menjadi sebuah pertanyaan sebab Kota Banjarbaru sendiri sudah memiliki sendiri peraturan daerah yang mengatur mengenai larangan minuman beralkohol, yaitu melalui Peraturan Daerah Kota Banjarbaru Nomor 05 Tahun 2006 tentang Larangan Minuman Beralkohol. Penelitian ini berfokus pada dua rumusan masalah, yaitu bagaimana pengaturan tentang penjualan minuman beralkohol illegal berdasarkan Peraturan Daerah Kota Banjarbaru Nomor 05 Tahun 2006 tentang Larangan Minuman Beralkohol dan bagaimana efektifitas sanksi terhadap penjual minuman beralkohol illegal berdasarkan Peraturan Daerah Kota Banjarbaru Nomor 05 Tahun 2006 tentang Larangan Minuman Beralkohol. Penelitian ini merupakan penelitian sosiologis empiris. Dan populasi dari penelitian ini adalah penegak hukum yang berwenang menangani kasus penjualan minuman ilegal beralkohol di Kota Banjarbaru. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling. Sedang teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif, yaitu dengan memberikan gambaran mengenai objek atau subjek dari penelitian. Dari penelitian diatas diperoleh kesimpulan bahwa pengaturan yang ada pada Peraturan Daerah Kota Banjarbaru Nomor 05 Tahun 2006 tentang Larangan Minuman Beralkohol sudah cukup baik, dan sanksi yang diberikan sudah efektif. Akan tetapi diperlukan adanya pasal tambahan mengenai pembinaan kepada masyarakat agar kejadian yang sama tidak terulang kepada orang yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penegakan hukum, penjualan, minuman beralkohol ilegal
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Ronni Setiawan
Date Deposited: 13 Mar 2023 05:58
Last Modified: 13 Mar 2023 05:58
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15792

Actions (login required)

View Item View Item