ANALISIS PERLINDUNGAN HAK-HAK ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK

Pramusinto, Rizqi Galih (2023) ANALISIS PERLINDUNGAN HAK-HAK ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Rizky galih_coverdafpus.pdf

Download (444kB)
[img] Text
Orisinalitas_Pramusinto.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Pengesahan_Pramusinto.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bentuk sanksi pidana anak pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan berdasarkan UU No 11 tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dan untuk mengetahui upaya perlindungan hak-hak anak pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan berdasarkan UU No 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini dilakukan dengan jenis penelitian hukum normatif berupa penelitian kepustakaan yang menggunakan 3 bahan hukum yaitu bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Penelitian hukum ini menitikberatkan pada studi kepustakaan yang berarti akan lebih banyak menelaah dan mengkaji aturan-aturan hukum yang ada dan berlaku. Hasil penelitian menunjukan Anak yang melakukan tindakan kejahatan pencurian dengan kekerasan merupakan fenomena tersebut diperlukan penanganan yang tepat terhadap pelaku tindak pidana pencurian oleh anak. UU No 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. bertujuan memberikan yang paling baik bagi anak, tanpa mengorbankan kepentingan masyarakat dan tegaknya suatu keadilan. Tujuan Peradilan Anak tidak berbeda dengan peradilan lainnya, yaitu memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara anak. Adapun ketentuan sanksi pidana terhadap anak yang melakukan kejahatan pencurian dengan kekerasan dalam sistem peradilan pidana dalam UU No 11 Tahun 2012 diancam dengan pidana penjara dibawah 7 (tujuh) tahun dan telah diatur juga tentang Diversi berupa pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses dari peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana untuk tindak pidana yang dilakukan. Perlindungan hukum terhadap anak yang melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan adalah segala usaha yang dilakukan untuk menciptakan kondisi agar setiap anak dapat melaksanakan hak dan kewajibannya demi perkembangan. Berdasarkan Pasal 1 ayat (15) UU No 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak juga menyebutkan bahwa anak diberikan perlindungan khusus. Adapun yang dimaksudkan Perlindungan khusus adalah suatu bentuk perlindungan yang diterima oleh Anak dalam situasi dan kondisi tertentu untuk mendapatkan jaminan rasa aman terhadap ancaman yang membahayakan diri dan jiwa dalam tumbuh kembangnya”. Perlindungan hukum terhadap anak yang melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan berdasarkan UU No 35 Tahun 2014 diperlukan guna memberikan jaminan atau kepastian hukum dalam perlindungan terhadap hak-hak anak. Ketentuan tersebut ditindak lanjuti dalam Pasal 23 ayat (1) UU No 35 Tahun 2014.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan, Hak-Hak Anak, Pencurian Dengan Kekerasan
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Rizqi Galih Pramusinto
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:50
Last Modified: 14 Mar 2023 02:50
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15810

Actions (login required)

View Item View Item