ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2012 TENTANG SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK TERHADAP SANKSI PIDANA ANAK PELAKU PEMBUNUHAN BERENCANA

Pamunkas, Valentino Adis (2023) ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2012 TENTANG SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK TERHADAP SANKSI PIDANA ANAK PELAKU PEMBUNUHAN BERENCANA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
valentino adis pamungkas_CovAbsDaf.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Orisinalitas_Valentino.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Pengesahan_Valentino.pdf

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertanggungjawaban pidana terhadap anak pelaku pembunuhan berencana berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dan untuk mengetahui upaya perlindungan anak pelaku pembunhan berencana Bedasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini dilakukan dengan jenis penelitian hukum normatif berupa penelitian kepustakaan yang menggunakan 3 bahan hukum yaitu bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Penelitian hukum ini menitikberatkan pada studi kepustakaan yang berarti akan lebih banyak menelaah dan mengkaji aturan-aturan hukum yang ada dan berlaku. Hasil penelitian menunjukan Pemberian sanksi pidana kepada anak haruslah mempertimbangkan kepentingan terbaik bagi anak di masa mendatang atau di masa depan. Sanksi pidana bagi anak pelaku pembunuhan berencana yang telah ditentukan oleh KUHP (lex generalis) dan Undang-undang No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (lex spesialis) dijelaskan bahwa bagi anak penjatuhan pidananya ditentukan yaitu ½ dari maksimum pidana orang dewasa, dan terhadap anak tidak ada pemberlakuan pidana seumur hidup dan pidana mati. Selain itu juga diatur mengenai sanksi yang dijatuhkan yang ditentukan berdasarkan umur yaitu, bagi anak yang berumur 12 (dua belas) sampai dengan berumur 18 tahun dapat dijatuhi pidana sedangkan yang berumur 8 tahun sampai dengan berumur 12 tahun hanya akan dikenakan sanksi tindakan.Pada hakekatnya anak tidak dapat melindungi dirinya sendiri dari berbagai macam tindakan yang menimbulkan kerugian mental, fisik, sosial, dalam berbagai bidang kehidupan dan penghidupan. Perlindungan anak yang melakukan tindak pidana pembunuhan berencana berdasarkan UU No 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak diperlukan guna memberikan jaminan atau kepastian hukum dalam perlindungan terhadap hak-hak anak. Berdasarkan Pasal 1 ayat (15) UUPA tentang Perlindungan Anak juga menyebutkan bahwa anak diberikan perlindungan khusus. Perlindungan anak yang melakukan tindak pidana pembunuhan berencana tersebut bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta memberikan kepentingan yang terbaik bagi anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: UU No 11/2012, Sanksi Pidana Anak, Pembunuhan Berencana
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Valentino Adis Pamunkas
Date Deposited: 16 Mar 2023 05:21
Last Modified: 16 Mar 2023 05:21
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15827

Actions (login required)

View Item View Item