TINJAUAN YURIDIS TERHADAP ASAS PENDAFTARAN TANAH BEDASARKAN PP NOMOR 24 TAHUN 1997 TENTANG PENDAFTARAN TANAH DI KOTA BANAJARBAU

RAHMI, ALIFIA (2023) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP ASAS PENDAFTARAN TANAH BEDASARKAN PP NOMOR 24 TAHUN 1997 TENTANG PENDAFTARAN TANAH DI KOTA BANAJARBAU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (296kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text
pernyataan orisinalitas.pdf

Download (126kB)

Abstract

Karena masalah pendaftaran tanah, orang cenderung tidak mempercayai sertifikat hak atas tanah sebagai bukti kepemilikan. Kepastian hukum atas kepemilikan tanah masih memungkinkan untuk digugat, bahkan sampai pada tingkat pengajuan gugatan. Kementerian ATR/BPN melaksanakan program pemetaan, pendaftaran, dan pemberian sertifikat dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan kepastian hukum atas tanah, dan mencegah terjadinya konflik pertanahan. Sebuah kebijakan untuk pelaksanaan pendaftaran tanah berbasis percepatan telah dikembangkan dengan tujuan untuk mendaftarkan semua wilayah yang terdaftar menggunakan PTSL berdasarkan bukti-bukti ini. Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan kepastian hak atas tanah dan perlindungan hukum. Konsep sederhana, aman, terjangkau, lancar, dan terbuka telah diterapkan dalam pelaksanaan PTSL, dan sebagai hasilnya, program ini berjalan dengan lancar dan sederhana. Mulai dari petunjuk pendaftaran hak atas tanah sampai dengan pembagian sertifikat oleh Desa dan BPN kepada masyarakat, informasi mengenai program ini dikomunikasikan dengan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendaftaran tanah, asas pendaftaran tanah, PTSL
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KD England and Wales
Depositing User: Alifia Rahmi
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:55
Last Modified: 20 Mar 2023 03:55
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15861

Actions (login required)

View Item View Item