ANALISIS SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA (SMK3) PADA PROYEK PEMBANGUNAN KANTOR DINAS SOSIAL PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2022

Nor, M. Rizali (2023) ANALISIS SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA (SMK3) PADA PROYEK PEMBANGUNAN KANTOR DINAS SOSIAL PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (283kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (348kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (269kB)

Abstract

Pemerintah mewajibkan setiap perusahaan konstruksi menerapkan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3) sebagai upaya yang dilakukan untuk menekan angka kecelakaan kerja serta penyakit akibat kerja. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk memahami dan mengevaluasi penerapan sistem manajemen K3 pada Proyek Pembangunan Dinas Sosial Kalimantan Selatan tahun 2022 kepada 30 orang, kemudian diolah dengan software SPSS dan metode pembobotan (scoring). Berdasarkan hasil kajian, keberhasilan penerapan SMK3 di Proyek Pembangunan Dinas Sosial Kalsel Tahun 2022 dengan skor 70,90%, secara keseluruhan penerapan SMK3 tergolong kategori 2 yaitu pelaksanaannya mencapai tingkat pencapaian dari 60-84%, artinya layak mendapat sertifikat dan peringkat bendera medali perak. Berdasarkan evaluasi pelaksanaannya, beberapa faktor yang mempengaruhi penerapan SMK3 yaitu pada aspek performance pekerja yang kurang kompeten dalam mengoperasikan peralatan kerja sesuai standar kerja sehingga terjadinya kecelakaaan kerja dan aspek kesehatan pekerja melalui pelatihan dan peningkatan penerapan SMK3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Penerapan, Kecelakaan Kerja, SMK3
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: M.rizali Nor
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:03
Last Modified: 17 Mar 2023 02:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15866

Actions (login required)

View Item View Item