HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI IMPLAN DI WILAYAH KERJA BALAI PENYULUH KB KECAMATAN BANJARMASIN UTARA

Putri, Syifa Widya (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI IMPLAN DI WILAYAH KERJA BALAI PENYULUH KB KECAMATAN BANJARMASIN UTARA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK SYIFA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN PENELITIAN.pdf

Download (188kB)

Abstract

kontrasepsi Implan sebanyak 1.193(6,3%) dan tahun 2021 jumlah peserta KB Aktif 19.208 dengan penggunaan kontrasepsi Implan 1.124 (5,9). Dari jumlah angka tersebut pengguna kontrasepsi implan masih rendah dibandingkan dengan penggunaan metode kontrasepsi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Dukungan Suami dengan Penggunaan Kontrasepsi Implan di Wilayah Kerja Balai Penyuluh KB Kecamatan Banjarmasin Utara Tahun 2022. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif yang bersifat analitis dengan pendeketan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 99 orang yang akan diambil secara accidental sampling. Uji statistik menggunakan Uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan pengetahuan dengan penggunaan kontraspsi Implan (p=0,000), ada hubungan sikap dengan pengguaan kontrasepsi Implan (p=0,002), ada hubungan dukungan suami dengan penggunaan kontrasepsi implan (p=0,009). Untuk meningkatkan penggunaan kontrasepsi diharapkan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan penyuluhan yang diadakan oleh petugas KB atau pun Petugas Kesehatan setempat guna menambah wawasan tentang alat kontrasepsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Dukungan Suami, Penggunaan Kontrasepsi Implan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Syifa Widya Putri
Date Deposited: 16 May 2023 01:10
Last Modified: 16 May 2023 01:10
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15885

Actions (login required)

View Item View Item