PEMILIHAN BAHAN KIMIA PAC MELALUI HASIL UJI ANOVA JARTES DAN PLANT TES DENGAN MEMPERTIMBANGKAN BIAYA PRODUKSI Studi Kasus : PT. Drupadi Tirta Intan

Putra, Ade (2022) PEMILIHAN BAHAN KIMIA PAC MELALUI HASIL UJI ANOVA JARTES DAN PLANT TES DENGAN MEMPERTIMBANGKAN BIAYA PRODUKSI Studi Kasus : PT. Drupadi Tirta Intan. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK PEMILIHAN BAHAN KIMIA PAC.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (138kB)

Abstract

Kebutuhan air bersih masyarakat baik domestik maupun industri di kota Kabupaten Banjar dan Banjarbaru disediakan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Intan Banjar yang bekerja sama dengan PT. Drupadi Tirta Intan yang memanfaatkan sungai Martapura sebagai sumber air baku. PAC merupakan koagulan yang umum digunakan dalam pengolahan air. PAC mempengaruhi besar kecilnya biaya produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan kimia PAC yang efektif, efisien dan sesuai dengan karakter Water Treatment Plant (WTP) milik PT Drupadi Tirta Intan, sehingga operator IPA Syarkawi dapat dengan mudah mengoperasikan IPA dengan penggunaan bahan kimia PAC pada saat kekeruhan air baku tinggi ataupun rendah. Dalam proses pemilihan kimia yang baik dapat dilalui dengan proses uji Jartes dan Plant Test. Untuk membandingkan parameter uji jartes dan plant test penulis menggunakan metode statistik Analisis of Variance (ANOVA) untuk mengetahui apakah kedua produk tersebut memiliki performance yang baik. Dari hasil penelitian didapat hasil bahwa kedua produk PAC PT Baik dari PT A dan PT B dapat digunakan sebagai koagulan untuk unit Water Treatment Plant IPA Syarkawi, akan tetapi tingkat keefektifan produk dan efisiensi harga, produk dari PT B lebih baik dari kedua produk tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), bahan kimia, PAC, koagulan, biaya produksi, WTP, Jartes, Plant Tes, Analisis of Variance (ANOVA)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 20 May 2023 02:12
Last Modified: 20 May 2023 02:12
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15888

Actions (login required)

View Item View Item