APLIKASI PENGOLAHAN SURAT DAN PENGARSIPAN DOKUMEN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI HANDIL BAKTI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN NOTIFIKASI EMAIL

Kurniawan, Rizky (2023) APLIKASI PENGOLAHAN SURAT DAN PENGARSIPAN DOKUMEN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI HANDIL BAKTI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN NOTIFIKASI EMAIL. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (18kB)
[img] Text
pengesahan-skripsi.pdf

Download (99kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (203kB)

Abstract

Dalam suatu institusi pendidikan, pengolahan surat dan dokumen yang efektif dan efisien sangat diperlukan agar kegiatan administrasi pendidikan dapat berjalan dengan baik dan terorganisir. Namun, pada praktiknya proses pengolahan surat dan dokumen pada Sekolah Dasar Negeri Handil Bakti masih menggunakan metode manual yang dinilai kurang efektif dan efisien. Selain itu, sering terjadi permintaan pembuatan surat yang sama hanya karena data sebelumnya hilang atau pihak yang mengajukan surat tidak mengetahui bahwa suratnya telah selesai dibuat. Metode yang digunakan untuk melakukan pembuatan aplikasi pengolahan surat dan dokumen dalam penelitian ini adalah metode waterfall. Metode ini digunakan karena bersifat sistematis dan berurutan sehingga proses pengembangan aplikasi dapat dilakukan secara bertahap. Aplikasi yang dibuat adalah berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework Laravel, serta MySQL sebagai basis datanya. Berdasarkan hasil penelitian dan tahapan pengembangan sistem yang telah dilalui, aplikasi ini dapat membantu proses pengolahan surat dan dokumen pada Sekolah Dasar Negeri Handil Bakti. Kemampuan aplikasi untuk menghasilkan berbagai laporan dapat memudahkan proses rekapitulasi data surat maupun dokumen pada Sekolah Dasar Negeri Handil Bakti. Selain itu, masalah permintaan pembuatan surat yang sama dapat dihindari dengan adanya fitur pemberitahuan melalui email pada aplikasi ini. Pengguna dapat menerima informasi dengan cepat ketika ada surat yang dibuat, diverifikasi, atau ditolak. Jenis surat dan dokumen yang dapat diolah pada aplikasi ini masih terbatas, sehingga ada beberapa jenis surat atau dokumen yang memiliki format yang kompleks masih harus dibuat secara manual. Oleh karena itu, disarankan agar aplikasi ini dapat dikembangkan lagi di masa yang akan datang seperti menambahkan jenis surat dan dokumen yang dapat diolah, serta menambahkan fitur pemberitahuan ke pengguna melalui SMS, WhatsApp atau Telegram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Notifikasi Email; Surat; Dokumen Sekolah; Web
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Rizky Kurniawan
Date Deposited: 20 Mar 2023 06:00
Last Modified: 20 Mar 2023 06:00
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15913

Actions (login required)

View Item View Item