FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS AIR MINUM PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEMURUS DALAM BANJARMASIN TAHUN 2020

ARIEF, AZMI (2023) FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS BAKTERIOLOGIS AIR MINUM PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEMURUS DALAM BANJARMASIN TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.pdf

Download (102kB)
[img] Text
3.pdf

Download (109kB)

Abstract

Depo air minum isi ulang (DAMIU) terdapat sebanyak 153 buah yang tersebar di 5 Kecamatan dan 52 Kelurahan, dan yang paling besar frekuensi DAMIU tidak memenuhi persyaratan kesehatan terhadap kualitas air minum yang dijual ada di wilayah kerja Puskesmas Pemurus Dalam, dan hanya sebagian saja yang mempunyai sertifikat laik sehat (47%). Tujuan penelitian Mengetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan, Pendidikan, Kondisi Sanitasi Lingkungan dengan Kualitas Bakteriologis Air Minum Isi Ulang Di Wilayah Kerja Puskesmas Pemurus Dalam Banjarmasin Tahun 2020. Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan desain Cross Sectional (Studi Potong Lintang), dengan jumlah sampel sebanyak 15 buah. Hasil Penelitian sebagian besar responden mempunyai tingkat pendidikan Tinggi (67,7%), dan hanya 33,3 % yang berpendidikan rendah, dan ada 3 responden yang berpendidikan rendah mempunyai kualitas air minum isi ulang yang memenuhi baku mutu (MPN<0 ppm), sedangkan yang berpendidikan tinggi sebanyak 7 responden mempunyai kualitas air minum isi ulang memenuhi baku mutu (MPN<0 ppm). Sebagian besar responden mempunyai tingkat pengetahuan yang baik (60%), sisanya berpengetahuan cukup (7%) dan berpengetahuan kurang baik (33%). Dimana yang berpengetahuan baik dan cukup diperoleh hasil kualitas bakteriologis air minum yang memenuhi syarat (MPN<0 ppm). Sedangkan yang berpengetahuan kurang baik didapat hasil pemeriksaan kualitas bakteriologis air minum yang tidak memenuhi syarat (MPN>0 ppm). Berdasarkan hasil observasi terhadap kondisi sanitasi pada beberapa depot air minum isi ulang sebagian besar termasuk kategori baik (66,7%) dan hasil uji kualitas bakterilogis sudah memenuhi persyaratan baku mutu kualitas bakteriologis air minum isi ulang (MPN<0 ppm). Sedangkan sisanya ada 5 buah yang masuk kategori kurang baik (33,3%) dengan hasil uji kualitas bakterilogis belum memenuhi persyaratan baku mutu kualitas bakteriologis air minum isi ulang (MPN>0 ppm). Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan kualitas bakteriologis air minum pada depot air minum isi ulang yang diperiksa (p = 0,566). Sedangkan tingkat pengetahuan, dan kondisi sanitasi terdapat hubungan yang signifikan dengan kualitas bakteriologis isi ulang yang diperiksa (p = 0,001 & p= 0,0001).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pengetahuan, Kondisi Sanitasi, Kualitas Bakteriologis, Air minum isi ulang
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Azmi Arief
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:56
Last Modified: 12 Apr 2023 02:56
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/15970

Actions (login required)

View Item View Item