ASIMILASI BAGI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DALAM RANGKA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYEBARAN COVID-19 DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I MARTAPURA

Rahman, Muhammad Aulia (2023) ASIMILASI BAGI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DALAM RANGKA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYEBARAN COVID-19 DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I MARTAPURA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
pengesahan.pdf

Download (169kB)
[img] Text
orosinalitas.pdf

Download (149kB)
[img] Text
MUHAMMAD AULIA RAHMAN ASIMILASI BAGI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN GUNA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID_removed.pdf

Download (176kB)

Abstract

World Health Organization telah mengumumkan status pandemi global untuk penyakit Covid-19 pada tanggal 11 Maret 2020. Dikonfirmasikan bahwa COVID-19 merupakan darurat internasional. Berbagai sektor terkena imbas dari persebaran virus Covid-19, salah satunya sektor hukum. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly membuat kebijakan pembebasan narapidana di tengah pandemi Covid-19. Melihat lapas dan rutan di Indonesia yang memiliki kondisi over kapasitas membuat Kementerian Hukum dan HAM mengeluarkan aturan berupa Keputusan Menteri Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang pengeluaran Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi, dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19. Keputusan Menteri yang dikeluarkan mengundang kontroversi dari berbagai pihak khususnya masyarakat. Dikatakan pada peraturan tersebut asimilasi dilaksanakan di rumah dan dilakukan secara daring yang dimana hal tersebut menimbulkan permasalahan baru yaitu munculnya recidivist. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian Keputusan Menteri Hukum dan HAM M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 jika dikaitkan dengan aturan yang terdapat pada Permenkumham Nomor 3 Tahun 2018 dan untuk mengetahui pengaturan yang tepat dalam mengatasi permasalahan pengeluaran dan pembebasan narapidana dan anak selama masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan meneliti bahan pustaka. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konsep, dengan menggunakan sumber bahan hukum primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian Keputusan Menteri Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 dengan Permenkumham No.3 Tahun 2018 yang dikeluarkan tidaklah sesuai karena pengeluaran keputusan menteri tidak memperhatikan kepentingan umum dan keadaan yang terjadi di tengah masyarakat dan untuk mengatasinya digunakan asas praduga rechmatig sebagai pedoman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Narapidana, Asimilasi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Muhammad Aulia Rahman
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:32
Last Modified: 05 Apr 2023 03:32
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16008

Actions (login required)

View Item View Item