HUBUNGAN 3M (MAN, METHODE AND MACHINE) TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN ASET DAERAH DAN PERSEDIAAN DI APLIKASI SIMSEDIA DINAS KESEHATAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR

Fatria, Ahmad Norzein (2023) HUBUNGAN 3M (MAN, METHODE AND MACHINE) TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN ASET DAERAH DAN PERSEDIAAN DI APLIKASI SIMSEDIA DINAS KESEHATAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PENGESAHAN AHMAD NORZAIEN.pdf

Download (75kB)
[img] Text
PERNYATAAN AHMAD NORZAIEN.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Artikel Ahmad Norzein Fatria 19070195_removed.pdf

Download (154kB)

Abstract

Salah satu unsur penting dan vital dalam kerangka penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik adalah Aset atau Barang Milik Daerah. Pada pengelolaan barang milik daerah, terdapat aplikasi pelaporan yaitu aplikasi Simbada (Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah) untuk pelaporan Aset barang Milik daerah dan Simsedia (Sistem Informasi Manajemen Persediaan) untuk pelaporan barang persediaan, bahan dan perangkat kerja. Dalam melaksanakan tugas Pengelolaan Aset dan Barang Milik Daerah, Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur memiliki 1 orang Pengurus Barang dan 1 orang Pembantu Pengurus Barang di tingkat Kabupaten, dan masing-masing Puskesmas dan UPTD lainnya di bawah Dinas Kesehatan juga memiliki Pembantu Pengurus Barang. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan unsur - unsur manajemen yaitu Man (sumber daya manusia), Methode (cara kerja) dan Machine (fasilitas / perangkat) terhadap ketepatan waktu pelaporan (Simsedia) Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel dengan membagikan kuisioner dan wawancara terhadap pengelola barang daerah (Simsedia). Dari hasil penelitian diketahui bahwa tidak terdapat hubungan antara sumber daya manusia (Man) dengan ketepatan waktu pelaporan aset daerah di aplikasi Simsedia (p = 0.694 > α = 0.05), Tidak terdapat hubungan antara cara kerja (Methode) dengan ketepatan waktu pelaporan aset daerah di aplikasi Simsedia (p = 0.329 > α = 0.05) dan Tidak terdapat hubungan antara fasilitas / perangkat (Machine) dan pemanfaatannya dengan ketepatan waktu pelaporan aset daerah di aplikasi Simsedia (p = 1.010 > α = 0.05)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aset atau Barang Milik Daerah, Man, Methode, Machine, Aplikasi Simsedia
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Ahmad Norzein Fatria
Date Deposited: 01 Apr 2023 03:36
Last Modified: 01 Apr 2023 03:36
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16009

Actions (login required)

View Item View Item