ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2003 TENTANG ADVOKAT TERHADAP KEDUDUKAN HAK IMUNITAS ADVOKAT DALAM MEMPERJUANGKAN KEADILAN BAGI KLIENNYA

Rizky, Muhammad (2023) ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2003 TENTANG ADVOKAT TERHADAP KEDUDUKAN HAK IMUNITAS ADVOKAT DALAM MEMPERJUANGKAN KEADILAN BAGI KLIENNYA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
MuhammadRizky_CovAbsDaf.pdf

Download (445kB)
[img] Text
Orisinalitas.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketentuan hukum Advokat berdasarkan undang-undang nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat dan untuk mengetahui kedudukan hak imunitas advokat dalam memperjuangkan keadilan terhadap kliennya berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 Tentang Advokat. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini dilakukan dengan jenis penelitian hukum normatif berupa penelitian kepustakaan yang menggunakan 3 bahan hukum yaitu bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Penelitian hukum ini menitikberatkan pada studi kepustakaan yang berarti akan lebih banyak menelaah dan mengkaji aturan-aturan hukum yang ada dan berlaku. Hasil penelitian Berdasarkan Pasal 5 ayat (1) Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat, menyebutkan bahwa Advokat berstatus sebagai „penegak hukum‟ adalah Advokat sebagai salah satu perangkat dalam proses peradilan yang mempunyai kedudukan setara dengan penegak hukum lainnya dalam menegakkan hukum dan keadilan. Kedudukan tersebut memerlukan suatu organisasi yang merupakan satu-satunya wadah profesi Advokat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 Ayat (1) UU Advokat, yaitu Organisasi Advokat merupakan satu-satunya wadah profesi Advokat yang bebas dan mandiri yang dibentuk sesuai dengan ketentuan Undang-Undang ini dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan kualitas profesi Advokat. Lahirnya UndangUndang Nomor 18 Tahun 2003 Tentang Advokat telah memberikan kedudukan advokat tentang hak imunitas. Kedudukan hak imunitas advokat dapat dilihat dalam pasal 14 hingga pasal 19 Undang-Undang No.18 Tahun 2003, tepatnya bab IV tentang hak dan kewajiban. Secara umum dapat dikatakan bahwa hak imunitas muncul dari hak (right) dan kewajiban (duty) advokat dalam melakukan tugas-tugasnya, yang secara tegas menyatakan, bahwa Advokat bebas untuk mengeluarkan pendapat atau pernyataan dalam membela perkara yang menjadi tanggung jawabnya di dalam Sidang Pengadilan. Berdasarkan Pasal 16 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 Tentang Advokat yang menjelaskan bahwa advokat tidak dapat dituntut baik secara perdata maupun pidana dalam menjalankan tugas profesinya dengan itikad baik untuk kepentingan pembelaan klien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: UU No 18 Tahun 2003, Hak Imunitas Advokat, Keadilan
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Muhammad Rizky
Date Deposited: 03 Apr 2023 05:36
Last Modified: 03 Apr 2023 05:36
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16028

Actions (login required)

View Item View Item