Studi Kasus Terhadap Putusan Pengadilan Negeri Banjarbaru Nomor 21/Pid.Sus-Anak/2020/PN BJB Tentang Tindak Pidana Penganiayaan Yang Dilakukan Oleh Anak Di Bawah Umur

Hikmah, Durrotul (2023) Studi Kasus Terhadap Putusan Pengadilan Negeri Banjarbaru Nomor 21/Pid.Sus-Anak/2020/PN BJB Tentang Tindak Pidana Penganiayaan Yang Dilakukan Oleh Anak Di Bawah Umur. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
ABSTRAK (1)_removed.pdf

Download (18kB)

Abstract

Anak yang berhadapan dengan hukum memperoleh suatu perlindungan termasuk anak yang melakukan tindak pidana yang diwujudkan melalui sistem peradilan anak (Juvenile Justice) kemudian diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Penjatuhan pidana secara tidak tepat dapat mengabaikan pengaturan perlindungan, karena Penjatuhan pidana sebagai ultimum remedium adalah suatu bentuk perlindungan terhadap kepentingan terbaik anak. Penelitian ini difokuskan pada dua rumusan masalah yaitu penerapan hukum terhadap tindak pidana penganiayaan yang dilakukan oleh anak dalam Putusan Pengadilan Negeri Banjarbaru Nomor 21/Pid.Sus-anak/2020/PN.Bjb dan pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana penganiayaan dalam studi kasus Putusan Pengadilan Negeri Banjarbaru Nomor 21/Pid.Sus-anak/2020/PN.Bjb. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian pustaka yang melakukan penelitian dengan berbagai sumber bacaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan hukum pidana terhadap pelaku tindak pidana penganiayaan dilakukan oleh anak berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Banjarbaru dalam perkara Nomor 21/Pid.Sus-Anak/2020/PN Bjb dinilai kurang tepat. Adanya kekeliruan dalam membuktikan unsur ketiga Pasal 351 ayat (2) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yaitu unsur yang mengakibatkan luka berat sebagaimana dimaksud luka berat yang diatur didalam Pasal 90 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap tindak pidana penganiayaan yang dilakukan anak dalam putusan Pengadilan Negeri Banjarbaru Nomor 21/Pid.Sus￾Anak/2020/PN Bjb berdasarkan pada dakwaan Penuntut Umum, tuntutan Jaksa Penuntut Umum, keterangan terdakwa, keterangan saksi, barang bukti, hasil Visum et repertum, pasal￾pasal dalam peraturan hukum pidana, dan hal-hal yang meringankan dan memberatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana; Penganiayaan; Anak berhadapan dengan hukum
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Durrotul Hikmah
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:03
Last Modified: 10 Apr 2023 06:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16086

Actions (login required)

View Item View Item