ANALISIS NILAI TAMBAH PENTOL IKAN TENGGIRI DI DESA WIRITASI KECAMATAN KUSAN HILIR KABUPATEN TANAH BUMBU (Studi Kasus UMKM Pentol Ikan “Humaira”)

Jusmadin, Jusmadin (2023) ANALISIS NILAI TAMBAH PENTOL IKAN TENGGIRI DI DESA WIRITASI KECAMATAN KUSAN HILIR KABUPATEN TANAH BUMBU (Studi Kasus UMKM Pentol Ikan “Humaira”). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan Jusmadin .pdf

Download (210kB)
[img] Text
Pernyataan Tidak Plagiat - Jusmadin.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Artikel Jusmadin_removed.pdf

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Wiritasi Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu pada usaha pengolahan pentol ikan tenggiri yaitu UMKM Pentol Ikan Humaira mulai dari bulan July 2022 sampai dengan selesai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses produksi pentol ikan tenggiri, menganalisis nilai tambah pentol ikan tenggiri dan permasalahan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan dalam pengolahan pentol ikan tenggiri adalah sebagai berikut: penyiangan ikan tenggiri, pembuatan adonan, pencetakan adonan, perebusan pentol, pengemasan pentol dan penyimpanan. Analisis nilai tambah yang dihasilkan sebanyak Rp3.820,- perproduksi dan rasio nilai tambah sebesar 11,5%. Permasalahan dalam usaha yaitu bahan baku, kerusakan sarana produksi dan promosi yang belum begitu aktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: analisis, nilai tambah, pentol ikan tenggiri
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Fuzi Maulana Ash'ari
Date Deposited: 11 Apr 2023 05:11
Last Modified: 17 Apr 2023 04:18
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16098

Actions (login required)

View Item View Item