USAHA TANI NANAS MADU (Ananas comosus L. Merr) DI DESA BUNGAI JAYA KECAMATAN BASARANG KABUPATEN KAPUAS KALIMANTAN TENGAH

Andika, Soni (2023) USAHA TANI NANAS MADU (Ananas comosus L. Merr) DI DESA BUNGAI JAYA KECAMATAN BASARANG KABUPATEN KAPUAS KALIMANTAN TENGAH. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (83kB)
[img] Text
ARTIKEL DIKA_removed.pdf

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Usaha Tani Nanas Madu di Desa Bungai Jaya Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan langsung dilapangan dengan cara survei dan wawancara langsung di lapangan dengan petani contoh menggunakan daftar pertanyaan yang sudah disiapkan. Data sekunder didapat dari berbagai lembaga dan instansi yang berkaitan dengan penelitian ini dan literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Penarikan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini terbagi 16 orang dengan biaya total rata-rata oleh petani Desa Bungai Jaya sebesar Rp 39.521.569,44 /petani dengan penerimaan rata-rata sebesar Rp 62.314.705.88 /petani dan pendapatan rata-rata sebesar Rp 22.033.044,12 /petani. Usaha tani nanas madu yang ada di Desa Bungai Jaya layak dikerjakan dengan RCR 1,41. This study aims to determine Honey Pineapple Farming in Bungai Jaya Village, Basarang District, Kapuas Regency, Central Kalimantan. The method used in this study uses a survey method. The data collected in this study are primary data and secondary data. Primary data was obtained directly in the field by way of surveys and direct field interviews with sample farmers using a list of questions that had been prepared. Secondary data was obtained from various institutions and agencies related to this research and literature related to this research. Sampling was carried out using purposive sampling method. The results of this study divided 16 people with an average total cost by Bungai Jaya Village farmers of IDR 39,521,569.44 / farmer with an average revenue of IDR 62,314,705.88 / farmer and an average income of IDR 22,033,044.12 /farmer. Honey pineapple farming in Bungai Jaya Village is feasible with an RCR of 1.41.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Soni Andika
Date Deposited: 22 Jul 2023 03:35
Last Modified: 22 Jul 2023 03:35
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16106

Actions (login required)

View Item View Item