USULAN PERENCANAAN PERAWATAN MESIN DI STASIUN PRESS DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE ( RCM) DI PT. PUCUK JAYA

dzul fauzi, ahmad naji (2023) USULAN PERENCANAAN PERAWATAN MESIN DI STASIUN PRESS DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE ( RCM) DI PT. PUCUK JAYA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (315kB)
[img] Text
pernyataan.pdf

Download (211kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (341kB)

Abstract

ABSTRAK Perencanaan Perawatan Pada Mesin Distasiun Press dengan menggunakan RCM (Reliability centered Maintenance) Pada PT. Pucuk Jaya ( Oleh Ahmad Naji Dzul Fauzi ; di bimbing Oleh Dr. Ir. M. Marsudi, M. Sc Dan Yassyir Maulana, S.T, M.T.; 2021; 61 Halaman ). Perawatan perencanaan terhadap mesin sangat dibutuhkan dalam setiap bulannya sehingga perusahaan melakukan perawatan mesin secara terjadwal secara teratur berdasarkan data pT. Pucuk Jaya selalu melakukan perawatan tanpa menyeluruh secara terjadwal. Penelitian ini bertujuan Untuk menentukan tindakan perawatan yang optimal untuk mesin di stasiun press menggunakan pendekatan Reliability Centered Maintenance (RCM)”. Hasil penelitian perawatan berdasarkan RCM II Decision Worksheet untuk komponen yang memiliki kegagalan potensial diantaranya adalah komponen BOLT + NUT dengan interval perawatan selama 63 jam dan mengalami breakdown sebanyak 7 kali dalam 2 tahun, komponenbearing”) dengan interval perawatan selama 81 jam dan mengalami breakdown sebanyak 5 kali dalam 2 tahun, dan komponen Bearing dengan interval perawatan selama 374 jam dan mengalami breakdown sebanyak 3 kali dalam 2 tahun. Kegiatan yang harus dilakukan untuk mengurangi terjadinya kerusakan pada mesin stasiun press untuk komponen BOLT + NUT dengan jenis kerusakan sambungan stang metal patah perlu adanya kegiatan perawatan dengan scheduled discard task, untuk jenis kerusakan beban L/R Extension Tie Rod C/W Nut PN 6-49 aus perlu adanya kegiatan perawatan dengan scheduled restoration task, jenis kerusakan sayap metal longgar perlu adanya kegiatan perawatan dengan scheduled restoration task. Untuk komponen bearing dengan jenis kerusakan bearing longgar perlu adanya kegiatan perawatan dengan scheduled discard task, untuk jenis kerusakan sambungan lengan patah perlu adanya kegiatan perawatan dengan scheduled discard task, jenis kerusakan pelumas bearing habis perlu adanya kegiatan perawatan dengan scheduled restoration task. Untuk komponen Bearing dengan jenis kerusakan panas atau overheating perlu adanya kegiatan perawatan dengan scheduled restoration task. Kata Kunci : perawatan interval, stasiun press, breakdown, Reliability Centered Maintenance (RCM).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perawatan interval, stasiun press, breakdown, Reliability Centered Maintenance (RCM).
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ahmad Naji Dzul Fauzi
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:35
Last Modified: 17 Apr 2023 02:35
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16113

Actions (login required)

View Item View Item