HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS DI PUSKESMAS TUMPUNG LAUNG KECAMATAN MONTALLAT KABUPATEN BARITO UTARA

Rahmayanti, Desy (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS DI PUSKESMAS TUMPUNG LAUNG KECAMATAN MONTALLAT KABUPATEN BARITO UTARA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstract.pdf

Download (121kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN PENELITIAN.pdf

Download (139kB)

Abstract

Desy Rahmayanti Pembimbing 1: Elsi Setiandari Lely Octaviana, SKM., M. Kes Pembimbing 2: Asrinawaty, S. Kom., M. Kes Menciptakan kepuasan pasien bukanlah sesuatu yang mudah bagi pengelola pelayanan kesehatan khususnya Puskesmas, mengingat pelayanan yang diberikan salah satunya menyangkut hidup para pelanggannya. Permasalahan yang dihadapi Puskesmas Tumpung Laung yaitu kedisiplinan petugas berkaitan dengan ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan kesehatan dan ketersediaan obat-obatan. Kepuasan pasien sebagai konsumen tidak hanya ditentukan oleh tindakan medis saja akan tetapi juga pada dimensi kualitas pelayanan yang lain meliputi dimensi keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty), dan berwujud (tangible). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS di Puskesmas Tumpung Laung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Variabel independennya adalah kualitas pelayanan dan variabel dependennya adalah kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS. Sampel penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 76 responden. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Tumpung Laung sebesar 82,9%. Uji bivariat menunjukkan dari 5 dimensi kualitas pelayanan terdapat hubungan antara kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS terhadap reliability (0,001), responsiveness (0,000), assurance (0,000), emphaty (0,004) dan tidak terdapat hubungan terhadap dimensi tangible (0,119). Implikasi dari penelitian ini diharapkan pihak Puskesmas agar senantiasa meningkatkan kualitas pelayanannya berdasarkan dimensi reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, BPJS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:37
Last Modified: 01 Aug 2023 01:37
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16190

Actions (login required)

View Item View Item