EFEKTIVITAS PERATURAN KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 2021 TENTANG PEMOLISIAN MASYARAKAT TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENCEGAH TINDAKAN KRIMINALITAS DI KOTA BANJARBARU

Putra, Topan Eka (2023) EFEKTIVITAS PERATURAN KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 2021 TENTANG PEMOLISIAN MASYARAKAT TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENCEGAH TINDAKAN KRIMINALITAS DI KOTA BANJARBARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Artikel (Topan Eka Putra 18810450).pdf

Download (187kB)
[img] Text
Pengesahan stempel.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Artikel (Topan Eka Putra 18810450)_removed.pdf

Download (30kB)

Abstract

Model penarapan dalam Pemolisian Masyarakat oleh Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat guna membangun ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat Kota Banjarbaru. Dalam Penelitian ini memakai pendekatan yuridis empiris dengan data primer dan sekunder yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model dalam penerapan pemolisian masyarakat oleh Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat memiliki kegunaan untuk membangun ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat di Kota Banjarbaru yang dijalankan oleh masyarakat bersama dengan anggota kepolisian setempat, seperti di tingkat kelurahan dengan membentuk suatu organisasi Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat yang mempunyai tugas untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat pada lingkungan kelurahan yang bersangkutan. Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat berwenang untuk melakukan tindakan preventif dengan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan juga untuk melakukan tindakan represif apabila terdapat tindak pidana ringan yang dapat diselesaikan secara damai yang terjadi di lingkungan masyarakat, sehingga perkaranya tidak perlu dilanjutkan sampai ke meja hijau. Pemolisian masyarakat oleh Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat dalam membangun ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat Kota Banjarbaru memiliki beberapa hambatan seperti kurangnya sumber daya manusia baik dari aparat penegak hukum maupun masyarakatnya sendiri serta terbatasanya sarana dan prasarana, hingga kendala dari substansi hukum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model, Pemolisian Masyarakat, Kamtibmas.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Topan Eka Putra
Date Deposited: 15 May 2023 03:50
Last Modified: 15 May 2023 03:50
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16240

Actions (login required)

View Item View Item