HUBUNGAN CURAH HUJAN, KELEMBABAN, SUHU, DAN KECEPATAN ANGIN TERHADAP KEJADIAN ISPA DI KOTA BANJARMASIN TAHUN 2019 – 2021 (STUDI EKOLOGI)

AZIZAH, MAULANA NUR (2023) HUBUNGAN CURAH HUJAN, KELEMBABAN, SUHU, DAN KECEPATAN ANGIN TERHADAP KEJADIAN ISPA DI KOTA BANJARMASIN TAHUN 2019 – 2021 (STUDI EKOLOGI). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (707kB)
[img] Text
keaslian penelitian.pdf

Download (215kB)
[img] Text
pdf abstrak (1)_removed.pdf

Download (145kB)

Abstract

Penyakit ISPA merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas penyakit menular di dunia dan merupakan penyakit yang mengakibatkan kematian terbesar ketiga di dunia, sepuluh sampai lima puluh kali di negara berkembang dari pada negara maju. ISPA bukan pneumonia merupakan salah satu bagian dari penyakit yang menyerang bagian saluran pernafasan atas (mulai dari hidung sampai bagian faring). Iklim merupakan faktor pendukung yang mempengaruhi terjadinya ISPA bukan pneumonia. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan curah hujan, suhu udara, kelembaban udara dan kecepatan angin dengan kejadian ISPA bukan pneumonia di Kota Banjarmasin tahun 2019 - 2021. Rancangan penelitian ini bersifat kuantitatif dengan studi ekologi menurut waktu (ecological time trend study) dimana unit analisisnya waktu per bulan selama 3 tahun. Analisis secara univariat dengan uji normalitas dan bivariat menggunakan uji kolersi dan regresi linier sederhana. Data analisis menggunakan data sekunder. Hasil penelitian didapatkan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara curah hujan dan kelembaban udara dengan kejadian ISPA bukan pneumonia. Ada hubungan suhu udara dengan kejadian ISPA per bulan (p= 0,018) dan hubungan sedang (r= 0,391) berpola positif. Ada hubungan kecepatan angin dengan kejadian ISPA bukan pneumonia per bulan (p= 0,019) dan hubungan sedang (r= 0,389) berpola positif. Diperoleh kesimpulan suhu udara per bulan dan kecepatan angin berhubungan dengan kejadian ISPA bukan pneumonia. Dinas kesehatan dapat membuat perencanaan program penanggulangan penyakit ISPA bukan pneumonia seperti melaksanakan kegiatan penyuluhan pada bulan Januari sebelum bulan Februari dan Maret mengingat pada bulan tersebut kejadian ISPA bukan pneumonia meningkat. Disarankan kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas diluar rumah saat musim hujan dan suhu udara yang semakin dingin terkhusus yang memiliki bayi dan balita terutama pada bulan Januari – Mei.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ISPA, Curah Hujan, Kelembaban, Suhu, Kecepatan Angin, Kota Banjarmasin
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Maulana Nur Azizah
Date Deposited: 11 May 2023 05:02
Last Modified: 11 May 2023 05:02
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16299

Actions (login required)

View Item View Item