ANALISIS STABILITAS DINDING PENAHAN TANAH DAN PENANGGULANGAN LONGSORAN PADA TEPI SUNGAI BARABAI (Studi Kasus: Desa Pagat, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah)

Firdausy, Dea Elencia (2023) ANALISIS STABILITAS DINDING PENAHAN TANAH DAN PENANGGULANGAN LONGSORAN PADA TEPI SUNGAI BARABAI (Studi Kasus: Desa Pagat, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PDF PENGESAHAN.pdf

Download (667kB)
[img] Text
PDF KEASLIAN SKRIPI.pdf

Download (465kB)
[img] Text
abstrak daftar pusaka.pdf

Download (712kB)

Abstract

Longsor utamanya terjadi di lokasi dengan kondisi geologi, morfologi, hidrologi dan iklim yang tidak menguntungkan, Analisa untuk stabilitas lereng diperlukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan jalan yang lebih berat akibat longsoran atau tanah yang tergerus, Dinding_tahanan tanah_ialah_bentuk penguatan tanah yang sering digunakan di pekerjaan ini. Penelitian membahas tentang perencanaan desain dinding penahan tanah yang cocok dengan kondisi di lapangan, mengacu dari data perhitungan stabilitas terhadap gaya geser, guling dan daya dukung tanah, jenis longsoran yang terjadi adalah tipe longsoran rotasi dengan letak longsoran pada kaki lereng, hasil analisa stabilitas lereng dengan menggunakan program X-STABLE didapatkan faktor keamanan lereng sebesar 1,078. Tiang pancang baja dengan diameter 216,3 mm, tebal 8,2 mm dan panjang 6 meter Setiap lebar 1 m didapatkan jumlah tiang sebanyak 2 buah dengan jarak 75 cm antar as ke as tiang. Pada Kantilever digunakan beton bertulang dengan mutu K-225 dimana pada bagian telapak digunakan tulangan tarik 12-100 dengan sengkang 10-100 sedangkan pada bagian badan digunakan tulangan tarik 12-100 dengan sengkang 10-100. faktor keamanan (SF) dengan penggunaan tiang tersebut sebesar 3,34.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Longsoran, Stabilitas Lereng, Dinding Penahan Tanah
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Dea Elencia Firdausy
Date Deposited: 12 May 2023 03:05
Last Modified: 12 May 2023 03:05
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16327

Actions (login required)

View Item View Item