IDENTIFIKASI HIGIENE SANITASI DAN KANDUNGAN RHODAMIN B PADA SAUS TOMAT PADA PEDAGANG PENTOL DI KECAMATAN BANJARBARU UTARA TAHUN 2021

NORLIANA, NORLIANAN (2023) IDENTIFIKASI HIGIENE SANITASI DAN KANDUNGAN RHODAMIN B PADA SAUS TOMAT PADA PEDAGANG PENTOL DI KECAMATAN BANJARBARU UTARA TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
LEMBAH PENGESAHAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text
artikel norliana acc_removed.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN_removed.pdf

Download (169kB)

Abstract

Seringkali terjadi penyalahgunaan pemakaian zat pewarna untuk penggunaan bahan pangan, seperti penggunaan zat pewarna yang tidak diizinkan berdasarkan PERMENKES RI No. 722/Menkes/PerIX/1988 misalnya Rhodamin B. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Higiene Sanitasi pedagang pentol serta analisis kandungan Rhodamin B pada saus pedagang pentol di Kecamatan Banjarbaru Utara. Metode yang digunakan adalah deskriptif untuk menggambarkan higiene sanitasi dan mengetahui ada tidaknya Rhodamin B. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pedagang pentol yang ada di Kecamatan Banjarbaru Utara. Sampel sebanyak 26 responden menggunakan total sampling dan sebanyak 10 sampel saus diambil secara acak. Uji statistik deskriptif. Hasil dari penelitian higiene dan sanitasi pedagang pentol adalah sebagian besar pedagang memenuhi syarat, tetapi ada satu pedagang yang tidak memenuhi syarat pada saat pedagang membiarkan wadah saus terbuka saat berjualan dengan jumlah 22 pedangang (84,6%). Sedangkan kandungan Rhodamin B pada saus tomat tidak di temukannya perubahan warna yang sesuai dengan perbandingan warna Rhodamin B. Pedagang pentol lebih memperhatikan tempat saus saat berjualan, sehingga lalat, debu dan kotoran lainnya tidak terkontaminasi pada saus tomat yang bisa mengakibatkan penyakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Higiene dan Sanitasi, dan Kandungan Rhodamin B
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Norliana
Date Deposited: 10 May 2023 03:42
Last Modified: 10 May 2023 03:42
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16328

Actions (login required)

View Item View Item