EFEKTIVITAS UNDANG-UNDANG NOMOR 17 TAHUN 2008 TENTANG PELAYARAN TERHADAP KESELAMATAN PENGUNJUNG YANG DUDUK DI ATAS ATAP KLOTOK WISATA SIRING TENDEAN BANJARMASIN

Rahmatullah, Rahmatullah (2023) EFEKTIVITAS UNDANG-UNDANG NOMOR 17 TAHUN 2008 TENTANG PELAYARAN TERHADAP KESELAMATAN PENGUNJUNG YANG DUDUK DI ATAS ATAP KLOTOK WISATA SIRING TENDEAN BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
pernyataan orisinalitas.pdf

Download (356kB)
[img] Text
pengesahan..pdf

Download (338kB)
[img] Text
Abstrak RAHMATULLAH.pdf

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena seringnya terjadi kecelakaan saat berwisata susur sungai yang menyebabkan keselamatan pelayaran terancam dan menimbulkan kerugian bagi pemilik wisata susur sungai. Apabila masalah keselamatan pelayaran di sungai tidak diperhatikan dengan baik, dikhawatirkan akan terjadi peningkatan jumlah kecelakaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran. Metode penelitian yang dipakai penelitian hukum empiris yaitu jenis penelitian hukum yang menganalisis dan mengkaji bagaimana bekerjanya hukum di dalam masyarakat, pengumpulan data dengan melakukan wawancara, teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan kualitatif ialah suatu cara analisis hasil penelitian yang menghasilkan data deskriptif analisis. Hasil penelitian Penegakkan undang-undang nomor 17 tahun 2008 yang dilakukanpemerintah kota Banjarmasin dalam menangani wisatawan yang dudu kdi atas atap klotok. Penertiban wisata klotok siring dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin.Penertiban wisata klotok yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin, dilaksanakan melalui penetapan personil motoris klotok yang langsung diberi no lambung .Setelah ditertibkan dan apabila masih ada pemilik klotok yang melanggar ketertiban akan dikenakan sangki yaitu dengan tidak memperbolehkan pemilik klotok beroprasi selama 1 minggu namun apabila masih melanggar klotok akan dibebukan atau tidak boleh diizinkan beroprasi selamanya.Bahwa dari hasil wawancara tingkat keamanan dan keselamatan wisatawan masih kurang. Faktor-faktor yang dihadapi pemerintah kota Banjarmasin dalam upaya menertibkan wisatawan yang duduk di atas atap klotok berdasarkan Peraturan undang-undang nomor 17 tahun 2008 ini ditemukan beberapa kendala yaitu minimnya alat keselamatan, faktor ketegasan saksi, dan juga faktor wisatawan itu sendiriJadi untuk mengetahui efektivitas undang-undang nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran terhadap pengunjung yang duduk di atas atap klotok wisata siring tendean Banjarmasin Hasil dari penelitian yang penulis temukan dan simpulkan di atas bahwa penegakan dari pemerintah dan pemilik klotok wisata susur sungai dalam undang-undang nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran masih kurang efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektifivitas, Keselamatan Pengunjung, Duduk Diatas Klotok
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Rahmatullah
Date Deposited: 11 May 2023 05:13
Last Modified: 11 May 2023 05:13
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16344

Actions (login required)

View Item View Item