PENEGAKAN HUKUM KEPADA PELAKU PEMBUANGAN SAMPAH SEMBARANGAN MENURUT PERATURAN DAERAH NOMOR 21 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN PERSAMPAHAN/KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN DI KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN

Maulana, Muhammad Zein (2023) PENEGAKAN HUKUM KEPADA PELAKU PEMBUANGAN SAMPAH SEMBARANGAN MENURUT PERATURAN DAERAH NOMOR 21 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN PERSAMPAHAN/KEBERSIHAN DAN PERTAMANAN DI KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan - Zein.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi-Zein.pdf

Download (138kB)
[img] Text
ARTIKEL BARU ZEIN-ABSTRAK_removed.pdf

Download (463kB)

Abstract

Sampah merupakan suatu permasalahan yang besar khususnya di kota-kota besar, baik berupa sampah rumah tangga maupun sampah industri merupakan sumber masalah dari pencemaran lingkungan hidup yang semakin serius. Akibat dari kemajuan industri dan gaya hidup manusia modern yang lebih banyak mengkonsumsi barang-barang artifisial buatan industri yang tidak habis dikonsumsi, mengakibatkan timbulnya banyak limbah padat yang sangat sulit untuk terurai. Penegakan hukum adalah proses dilakukannya upaya untuk tegaknya atau berfungsinya norma-norma hukum secara nyata sebagai pedoman perilaku dalam lalu lintas atau hubungan–hubungan hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Agar pengelolaan sampah dapat dilalukan secara baik, maka perlu adanya pedoman pengelolaan dalam bentuk pedoman Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penegakan hukum kepada pelaku pembuangan sampah sembarangan serta bagaimana pelaksanaan pengelolaan sampah tersebut menurut Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2011 di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, menggunakan metode penelitian hukum deskriptif kualitatif. Pembuangan sampah sembarangan sebenarnya ada namun dalam penegakannya tidak dapat dilakukan karena tidak ada aparat penegak hukum yang mengawasi. Namun dalam pelaksanakan pengelolaan sampah tersebut sudah ada sebagian menjalankan atau melaksanakan pengelolaan sampah, namun ada juga yang tidak melaksanakan pengelolaan sampah tersebut di karenakan kurangnya tenanga, tempat dan sarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penegakan, Peraturan Daerah, Pengelolaan sampah
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Muhammad Zein Maulana
Date Deposited: 13 May 2023 02:54
Last Modified: 13 May 2023 02:54
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16372

Actions (login required)

View Item View Item