Upaya Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Banjarmasin dalam Pencegahan Tindak Pidana Kekerasan terhadap Anak di Masa Pandemi COVID-19

Ramadhan, Rifqi Fadhli (2023) Upaya Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Banjarmasin dalam Pencegahan Tindak Pidana Kekerasan terhadap Anak di Masa Pandemi COVID-19. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Rifki.pdf

Download (109kB)
[img] Text
PENGESAHAN (2).pdf

Download (305kB)
[img] Text
Pernyataan orisinalitas (1).pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Banjarmasin dan kendalanya dalam mencegah tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) pada anak pada masa pandemi covid-19. Pada penelitian ini, jenis metode yang digunakan adalah metode penelitian empiris. Sumber data penelitian ini berupa data kekerasan dalam rumah tangga pada masa pandemi covid-19 dan wawancara terhadap pejabat yang berwenang di DP3A Kota Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kasus kekerasan pada anak dari tahun sebelum adanya pandemi yakni tahun 2019 dengan jumlah kasus per tahun 36 kasus, sedangkan kasus pada 2020 meningkat menjadi 65 kasus, jumlah kasus tahun 2021 tidak ada mengalami kenaikan atau penurunan dengan jumlah 65 kasus. Dan untuk kasus di periode awal 2022 terhitung sejak Januari hingga April tercatat 45 kasus. Dengan demikian dapat kita lihat adanya kenaikan kasus sebelum adanya pandemi hingga terjadi pandemi. Upaya yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Banjarmasin dalam mencegah kekerasan pada anak di masa pandemi covid-19 adalah dengan mengedukasi masyarakat menggunakan sistem sosialisasi partisipatif melalui media langsung ataupun media massa. Adapun kendala-kendala yang dialami oleh DP3A Kota Banjarmasin dalam proses pelaksanaan program kegiatan berupa kendala internal, yaitu anggaran kegiatan terbatas saat pandemi covid-19 serta protokol kesehatan yang membuat proses sosialisasi menjadi terkendala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: anak; covid-19; masa pandemi; pencegahan kekerasan
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 15 May 2023 01:23
Last Modified: 15 May 2023 01:23
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16383

Actions (login required)

View Item View Item