PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU TEPUNG TERIGU PRODUKSI ROTI DI UD. SITI RAHMAH MENGGUNAKAN DATA FORECASTING DENGAN METODE EOQ DAN SILVER MEAL

Hidayah, Nur (2023) PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU TEPUNG TERIGU PRODUKSI ROTI DI UD. SITI RAHMAH MENGGUNAKAN DATA FORECASTING DENGAN METODE EOQ DAN SILVER MEAL. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
LEMBARAN PENGESAHAN NUR HIDAYAH.pdf

Download (315kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI NUR HIDAYAH.pdf

Download (295kB)
[img] Text
JURNAL NUR HIDAYAH_removed.pdf

Download (139kB)

Abstract

Pendahuluan: Pertumbuhan pangsa pasar sektor industri makanan mengalami kenaikan setiap tahunnya, sebagaimana halnya yang terjadi di Kalimantan Selatan terutama kota Banjarmasin yang padat penduduk memiliki peluang yang tinggi untuk industri makanan. Rumah industri yang ada di kota Banjarmasin adalah UD. Siti Rahmah yang berproduksi di bidang makanan yaitu roti. UD. ini tidak memiliki manajemen produksi yang baik dan memiliki masalah dalam stok bahan baku kerna pemesan roti ini terkadang mengalami kenaikan permintaan oleh konsumen yang menyebabkan bahan baku kurang untuk satu bulan. Tujuan: Menentukan jumlah permintaan peramalan roti dengan metode EOQ dan Silver Meal dan menentukan jumlah minimal persediaan bahan baku digudang untuk setiap pembelian bahan baku. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan subjek atau objek dalam penelitian dapat berupa orang, lembaga, masyarakat. Hasil: Perhitungan EOQ menggunakan rumus formula approach diperoleh hasil pemesanan ekonomis sebanyak 1379 kg yang jika di bulatkan dalam pembelian teping terigu yang memakai kelipatan 25 kg perbantal maka nilai pemesanan yang ekonomis sebanyak 1400 kg dengan 5 kali frekuensi pemesanan dalam 6 bulan. Perhitungan Silver Meal diperoleh hasil pemesanan ekonomis sebanyak 843 kg yang jika di bulatkan dalam pembelian teping terigu yang memakai kelipatan 25 kg perbantal maka nilai pemesanan yang ekonomis sebanyak 850 kg dengan 7 kali frekuensi pemesanan dalam 6 bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tepung Terigu; Metode EOQ; Silver Meal
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Rifai Naufal
Date Deposited: 19 May 2023 01:37
Last Modified: 19 May 2023 01:37
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16460

Actions (login required)

View Item View Item