ANALISIS PERBAIKAN PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK BESI AS ULIR DENGAN METODE SEVEN TOOL DAN FMEA (Studi Kasus: CV. Logam Karya)

Adwianoor, Hilman (2023) ANALISIS PERBAIKAN PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK BESI AS ULIR DENGAN METODE SEVEN TOOL DAN FMEA (Studi Kasus: CV. Logam Karya). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan Hilman Adwianoor.pdf

Download (436kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi HILMAN ADWIANOOR.pdf

Download (394kB)
[img] Text
JURNAL HILMAN ADWIANOOR TEKNIK INDUSTRI 2_removed.pdf

Download (96kB)

Abstract

CV. LOGAM KARYA merupakan perusahaan Manufaktur yang bergerak di bidang industri besi baja yang pengolahan besi Assental ulir (besi AS) berada di Banjarmasin. CV. Logam Karya memiliki permasalahan kecacatan produk yang dihasilkan melebihi dari batas toleransi yaitu sebesar 2%. Sehingga perlu dilakukan identifikasi penyebab-penyebab terjadi kecacatan dengan menggunakan Seven tools dan analisis perbaikan dengan menggunakan FMEA. Seven tools berfungsi untuk mengidentifikasi penyebab dari kecacatan yang ada sedangkan metode FMEA berfungsi untuk melakukan evaluasi berdasarkan potensi kegagalan dan dampak yang dihasilkan. Pada diagram pareto 80-20 maka jenis defeck yang harus dianalisis lebih lanjut adalah dimensi ulir dengan nilai 37,4, panjang ulir dengan nilai 62,6 dan bengkok besi as dengan nilai 82,7. Sehingga cause-effect diagram menyimpulkan 6 faktor penyebab kecacatan produk yaitu faktor manusia, material, lingkungan, mesin, pengukuran dan metode kerja. Metode FMEA digunakan untuk mengalkulasikan penyebab dengan urutan tertinggi beserta tindakan perbaikan yang diterapkan pada CV. Logam Karya. Nilai RPN tertinggi bagian proses pembubutan yang di mana ada 3 bagian 2 akibat dari dimensi ulir dengan nilai RPN 160 dan nilai RPN 140 dan akibat 1 panjang ulir dengan nilai RPN 112. Maka perlunya rekomendasi tersebut ditujukan kepada kepala pimpinan dan pekerja proses produksi di CV. Logam Karya

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Kualitas, Seven Tools, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Rifai Naufal
Date Deposited: 19 May 2023 01:40
Last Modified: 19 May 2023 01:40
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16462

Actions (login required)

View Item View Item