Aplikasi Pendaftaran Permohonan Nomor Identifikasi Bidang Dan Grafik Permohonan Yang Disetujui/Ditolak Di Kantor Badan Pertanahan Kota Banjarbaru Berbasis Web

Anwar, Muhammad Farid (2023) Aplikasi Pendaftaran Permohonan Nomor Identifikasi Bidang Dan Grafik Permohonan Yang Disetujui/Ditolak Di Kantor Badan Pertanahan Kota Banjarbaru Berbasis Web. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Skripsi.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Artikel Farid Anwar 18630593 fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tanah adalah aset yang berharga. Selain itu, tanah merupakan kebutuhan vital bagi siapa pun karena bisa digunakan diberbagai bidang, baik pertanian, pemukiman, perdagangan, industri, dan pertambangan. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 24 1997 dinas instansi pemerintah administrasi pertanahan di Indonesia adalah Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang tanah nasional, regional dan sektoral. Dalam pelayanan permohonan Nomor Identifikasi Bidang di Kantor BPN Kota Banjarbaru belum mengoptimalkan sistem dengan baik, terutama pada sistem pendataan yang terdiri dari permohonan, berkas permohonan, sertifikat tanah dan pendaftaran permohonan dalam sistem pendataan dan sistem pendaftaran permohonan nib masih menggunakan sistem manual sehingga kurang efektif. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pengolahan data sertifikat tanah. Rancangan sistem dibuat dalam bentuk UML dan perancangan database metode pengembangan yang digunakan adalah Waterfall dan sistem pengujian pengujian menggunakan metode black box. Didukung dengan tersedianya jaringan internet di dalam instansi. Aplikasi ini nantinya akan digunakan sebagai media penerimaan permohonan, pendataan pendaftaran permohonan, pendataan berkas permohonan, pelacakan proses permohonan, dan persetujuan atasan atas permohonan yang diambil. User sendiri dibagi menjadi 4 level yakni administrator, user pegawai atau petugas, dan pemohon. Dengan adanya Aplikasi Pendaftaran Permohonan Nomor Identifikasi Bidang Berbasis Web ini akan mempermudah pegawai dan pemohon dalam pendaftaran permohonan sehingga hasil pelaporan data dapat diketahui dengan mudah, cepat dan akurat. Keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah pemohon dapat melakukan login menggunakan teknologi WhatsApp demi menjaga keamanan data. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan Aplikasi Pendaftaran Permohonan Nomor Induk Bidang di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Banjarbaru menghasilkan penerapan sistem yang dapat membantu jalannya proses pendataan pegawai, pemohon, dan permohonan nib. Aplikasi ini dapat membantu dalam proses pendataan, sehingga mempermudah dan membuat menjadi lebih efisien dalam memanfaatkan waktu pengelolaan data permohonan nib. Untuk pengembangan aplikasi ini kedepannya disarankan untuk menambahkan fitur transaksi surat tugas survey untuk melakukan pengukuran lokasi dan pengembangan sistem pada platform lain agar bisa diakses dengan mudah agar data tidak hanya bisa diakses dalam satu platform misalkan komputer tetapi bisa juga diakses melalui mobile seperti android/ios.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Permohonan, Pertanahan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Muhammad Farid Anwar
Date Deposited: 29 May 2023 01:13
Last Modified: 29 May 2023 01:13
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16466

Actions (login required)

View Item View Item