PELAKSANAAN HUKUMAN DISIPLIN TERHADAP WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN YANG MELANGGAR TATA TERTIB PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KELAS II A KARANG INTAN

PUTERA, SATRIA DWI (2023) PELAKSANAAN HUKUMAN DISIPLIN TERHADAP WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN YANG MELANGGAR TATA TERTIB PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KELAS II A KARANG INTAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Dan Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (69kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan hukuman disiplin terhadap warga binaan pemasyarakatan yang melanggar tata tertib pada Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Karang Intan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 06 Tahun 2013 Tentang Tata Tertib Lapas/Rutan dan Bagaimana upaya yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Karang Intan dalam mengantisipasi terjadinya pelanggaran tata tertib Metode penelitian yang di gunakan adalah metode empiris sehingga menghasilkan data deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Data dilengkapi dari data primer yaitu observasi dan wawancara. Data dilengkapi dari data primer yaitu obseervasi, wawancara dan data sekunder dari buku-buku, literatur, hasil penelitian terdahulu, dan jurnal serta data tersier berupa ensiklopedia dan kamus hukum. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan hukuman disiplin terhadap warga binaan pemasyarakatan yang melanggar tata tertib sudah sesuai dengan standar operasional prosedur yang berdasarkan pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No 06 Tahun 2013 Tentang Tata Tertib Lapas/Rutan. Dan upaya yang dilakukan pihak lembaga pemasyarakatan untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran tata tertib yaitu dengan melakukan giat razia rutin, melakukan deteksi dini dan kontrol secara berkala, mengoptimalkan pelayanan kesehatan , pemenuhan hak-hak para warga binaan untuk memperoleh Hak integrasi dan memberikan pelatihan kemandirian dan kerohanian bagi warga binaan selama menjalani masa pidana di dalam lapas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelanggaran tata tertib, Pembinaan Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Satria Dwi Putera
Date Deposited: 23 May 2023 05:12
Last Modified: 23 May 2023 05:12
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16520

Actions (login required)

View Item View Item