RANCANG BANGUN ALAT PENGINGAT PADA KOMPOR UNTUK PENCEGAH KEBAKARAN DENGAN SENSOR SUHU DAN ALARM BERBASIS ARDUINO MENGGUNAKAN ESP-8266

RUSNARI, RENDAN MARETTA (2023) RANCANG BANGUN ALAT PENGINGAT PADA KOMPOR UNTUK PENCEGAH KEBAKARAN DENGAN SENSOR SUHU DAN ALARM BERBASIS ARDUINO MENGGUNAKAN ESP-8266. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
RENDAN ARTIKEL_removed.pdf

Download (263kB)

Abstract

Memasak merupakan aktivitas rutin yang dilakukan sebagian besar masyarakat. Kesibukan lain seperti aktivitas bermedia sosial seringkali menyebabkan lupa/lalai untuk mematikan kompor. Kelalaian ini akan berdampak pada terjadinya kerusakan peralatan memasak hingga berpotensi terjadinya kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah alat yang dapat mendeteksi suhu panas pada kompor gas yang sedang menyala, sistem yang dirancang menggunakan sensor suhu DS18B20 untuk membaca suhu panas kompor yang menyala. Hasil penelitian ini berupa pembacaan suhu ini yang akan direspon oleh sistem yang dikendalikan dengan menggunakan perangkat Arduino Uno dan hasil pembacaan suhu ditampilkan pada LCD. Sistem juga akan memberikan sinyal kepada alat pengingat pada kompor untuk mencegah kebakaran berupa bunyi / alarm dan pesan notifikasi yang dapat diterima melalui ponsel yang masuk kedalam pesan pada aplikasi telegram. Pesan ini sangat berguna untuk meminimalisasi adanya kebakaran. Hasilnya, alat ini sangat efektiv diterapkan pada kompor diseluruh Kalimantan. Hal ini dikarenakan pemukiman penduduk yang mayoritas dari bahan kayu sehingga dapat meminimalisir kebakaran yang ditimbulkan akibat kelalaian saat memasak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Temperature Sensor, Alarm Buzzer, Telegram Notifications
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: Rendan Maretta Rusnari
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:33
Last Modified: 17 Jul 2023 01:59
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16529

Actions (login required)

View Item View Item