ANALISIS PERAN PROGRAM “JAGA USAHA KITA” TERHADAP PEMULIHAN EKONOMI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (STUDI KASUS PADA BAZNAS PROVINSI KALIMANTAN SELATAN).

Karina, Umi (2023) ANALISIS PERAN PROGRAM “JAGA USAHA KITA” TERHADAP PEMULIHAN EKONOMI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (STUDI KASUS PADA BAZNAS PROVINSI KALIMANTAN SELATAN). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK-UPLOAD ARTIKEL-1.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN UMI KARINA.pdf

Download (360kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI_UMI KARINA.pdf

Download (235kB)

Abstract

Program “Jaga Usaha Kita” adalah Program dari Kementerian Koperasi dan Baznas memberikan modal usaha mikro Rp. 1 Juta untuk bangkit dari pandemi covid-19. Dalam program ini, KemenKopUKM melakukan kurasi kepada pelaku usaha mikro sebelum mendapatkan dukungan modal usaha dan pendampingan dari Baznas. Dengan bantuan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat berusaha hingga kedepan perekonomian mereka bisa bangkit kembali usai diterpa pandemi. Peran Program ini berpengaruh terhadap sosial ekonomi dan tingkat kesejahteraan para pemilik umkm. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Apakah program tersebut telah disalurkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kepada pemilik umkm di Provinsi Kalimantan Selatan, apa faktor yang menyebabkan beberapa usaha binaan tidak mengalami perkembangan yang baik meskipun telah dilakukan pembinaan, dan Bagaimana Mekanisme pembinaan yang dilakukan agar dapat mengembangkan pendapatan UMKM binaanya. penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik mengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu sosial ekonomi dilihat dari faktor-faktor Pembinaannya. Dan dilihat dari meningkatnya pendapatan umkm binaan sebagai tanda pengaruh dari program tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BAZNAS, Jaga Usaha Kita, UMKM,
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Umi Karina
Date Deposited: 24 May 2023 05:09
Last Modified: 24 May 2023 05:09
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16540

Actions (login required)

View Item View Item