PENEGAKAN HUKUM TERHADAP ANAK MENGENDARAI KENDARAAN BERMOTOR KE SEKOLAH (STUDI KASUS DI WILAYAH POLRES KABUPATEN BARITO UTARA)

RIFALDI, RAHMAD (2023) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP ANAK MENGENDARAI KENDARAAN BERMOTOR KE SEKOLAH (STUDI KASUS DI WILAYAH POLRES KABUPATEN BARITO UTARA). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstract.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (188kB)

Abstract

Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sebagai bagian dari sistem transportasi nasional harus dikembangkan pitensi dan perannya dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas dan angkutan jalan dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi dan pembangunan wilayah. Untuk menjamin terwujudnya penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalanyang memenuhi keselamatan dan keamanan, Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan terutama dalam Pasal 77 ayat 1 mengatur bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotot di jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikan Secara empiris fenomena yang saat ini terjadi adalah banyaknya pelajar SMP yang belum berusia 17 tahun yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) C, namun telah diberikan kebebasan mengemudikan kendaraan sepeda motor oleh orangtuanya untuk pergi dan pulang sekolah. Hal ini disebabkan oleh orangtua yang sudah tidak memiliki waktu untuk mengantar jemputr anak – anaknya, baik mengantar ke sekolah maupun ke tempat kegiatan lainnya. Alasan tidak dapat meninggalkan pekerjaan merupakan alasan utama untuk memberikan kebebasan bagi anak mengendarai sepeda motor ke sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Berlalu Lintas dan Penegakan Hukum Berkendara dibawah Umur
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 25 May 2023 02:46
Last Modified: 25 May 2023 02:46
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16560

Actions (login required)

View Item View Item