PEKERJA HARIAN LEPAS DENGAN PERJANJIAN KERJA SECARA LISAN BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN.

Hardiansyah, Muhammad Rizky (2023) PEKERJA HARIAN LEPAS DENGAN PERJANJIAN KERJA SECARA LISAN BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB.

[img] Text
Abstract.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (254kB)

Abstract

Muhammad Rizky Hardiansyah. NPM. 18810104. 2022. Analisis Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Hak Pekerja Harian Lepas Dengan Perjanjian Kerja Secara Lisan Berdasarkan Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Skripsi. Fakultas Hukum Universitas Islam Kalimantan. Pembimbing I Salamiah, S.H., M.H., Pembimbing II Miftah Ulumudin Tsani, S.H.,M.H. Perlindungan hukum terhadap pekerja harian lepas berarti membahas mengenaihak-hak pekerja/buruh setelah melaksanakan kewajibannya. Selama ini pihak pengusaha masih melihat pihak pekerja harian lepas sebagai pihak yang lemah. Dalam pelaksanaan perlindungan hukum terhadap pekerja harian lepas haruslah sesuai dengan Peraturan Ketenagakerjaan yang berlaku yaitu Undang- Undang No. 13 Tahun 2003, Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. PER- 06/MEN/1985 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2021. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana perlindungan hukum terhadap pekerja harian lepas dengan perjanjian lisan berdasarkan Undang Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 dan Bagaimana kedudukan hukum tentang perjanjian lisan berdasarkan Undang Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum terhadap pekerja harian lepas dengan perjanjian lisan yang diatur berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 dan untuk kedudukan hukum tentang perjanjian lisan berdasarkan Undang Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003. Penyusunan skripsi ini menggunakan metode normatif. Fokus penelitian ini adalah Perlindungan hukum terhadap hak pekerja harian lepas dan Kedudukan hukum tentang perjanjian lisan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari perundang-undangan, catatan-catatan resmi, atau risalah dalam pembuatan peraturan perundang-undangan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dalam kedudukannya perjanjian secara lisan terhadap pekerja harian lepas tidak tepat bagi pekerja/ buruh, karena perjanjian kerja tersebut haruslah tertulis agar memiliki kekuatan hukum yang kuat. Saran peneliti, untuk lebih meningkatkan perlindungan hukum terhadap pekerja harian lepas, Pelaksanaan perlidungan hukum terhadap pekerja harian lepas dalam penerapan perjanjian masih terdapat pelanggaran ketentuan yang telah diatur oleh Undang-undang yaitu mengenai PKWT yang seharusnya wajib dibuat dalam bentuk tertulis atau dicatatkan melainkan dibuat secara lisan. Kedudukan pekerja yang terikat PKWT dilakukan secara terus menerus menjadi pekerja PKWTT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum pekerja harian lepas, Perjanjian secara lisan, Pekerja harian lepas.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Muhammad Rizky Hardiansyah
Date Deposited: 29 May 2023 05:08
Last Modified: 29 May 2023 05:08
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16570

Actions (login required)

View Item View Item