PERANCANGAN ALAT PIROLISIS MENGGUNAKAN DRUM OLI BEKAS UNTUK PEMBUATAN ASAP CAIR DARI LIMBAH TEMPURUNG KELAPA, TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN KAYU KARET

Utama, Rizky Agung Putra (2023) PERANCANGAN ALAT PIROLISIS MENGGUNAKAN DRUM OLI BEKAS UNTUK PEMBUATAN ASAP CAIR DARI LIMBAH TEMPURUNG KELAPA, TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN KAYU KARET. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penyulingan atau kondensasi uap dari pembakaran bahan yang tidak sempurna dengan banyak karbon dan senyawa lain menghasilkan asap cair. Pirolisis adalah perlakuan panas biomassa menjadi produk berupa cairan (bio-oil), padat (bio-coal), dan gas (syngas) dalam reaktor tanpa oksigen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak asap cair yang dikeluarkan selama proses pirolisis ketika drum minyak bekas digunakan sebagai tabung reaktor dan kondensor. Kayu karet, tandan kosong sawit, dan tempurung kelapa merupakan bahan biomassa yang digunakan dalam penelitian ini. dalam pengujian dengan 15 kg dan 30 kg bahan dalam waktu 24 jam. Batok kelapa seberat 15 kg menghasilkan 8,73 liter, tandan kosong sawit 4,73 liter dan 30 kg 9,76 liter, dan kayu karet 3,48 liter dan 30 kg 6,36 liter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Asap cair, Pirolisis dan Reaktor
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: Rizky Agung Putra Utama
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:06
Last Modified: 05 Jun 2023 02:06
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16641

Actions (login required)

View Item View Item